-->

PRODUK OLAHAN SERBA IKAN

Budilaksonoputra...Dalam Kehidupan manusia membutuhkan sandang, papan dan  pangan. Produk olahan yang banyak dipasarkan adalah dari nabati dan  hewani yakni sebagai kebutuhan pangan . Produk ini banyak dipasarkan di pasar tradisional swalayan, minimart dan mall yang mendominasi yakni produk olahan hewani dari daging sapi dan ayam. 

Produk olahan dari bahan baku ikan sekarang lebih digalakkan karena karena tidak ada effec negatif bagi manusia yang mengosumsinya. Produk olahan ikan  menyumbang 20% produk olahan hewani yang dipasarkan. 

Ikan adalah hewan air yang banyak mengandung gizi lengkap terutama protein, dan  bebas kolestrol. Hewan air yakni ikan banyak mengandung omega 3 yang bermanfaat untuk pertumbuhan anak-anak terutama yang berhubungan dengan kecerdasan otak. 

Sekarang pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan mesosialisasikan  secara terus menerus sampai masyarakat pedesaan untuk selalu mencintai makan ikan. " Seperti bulan november 2013 baru saja kegiatan dari Dinas kelautan dan Perikanan Jambi melalui wadah Forikan mensosialisasikan demo membuat makanan olahan serba ikan di Kecamatan Nipah panjang Kab. Tanjung jabung Timur. Selain itu juga membagikan makan olahan kepada anak-anak agar mencintai makanan ikan," kata guru program studi Agribisnis Perikanan.

Produk olahan dari ikan yang menjadi penghasilan sampingan ibu-ibu rumah tangga atau Tim Pengerak PKK adalah sosis, nugget, bakso, abon , stick ikan, tekwan, model dan pek-pek. Selain itu, banyak perusahaan perikanan yang memproduki dalam bentuk fillet ikan, pengalengan ikan dan pembekuan ikan. Ada lagi produk dari ikan/udang untuk obat-obatan dan kosmetik yakni ekstrak kapsul ikan gabus dan minyak ikan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PRODUK OLAHAN SERBA IKAN "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel