-->

KABUPATEN SINTANG MENUJU KAWASAN SUPLUS IKAN

Budilaksonoputra...Untuk saat ini kebutuhan ikan air tawar belum  mampu dipenuhi oleh petani di kabupaten sintang. Selama ini kebutuhan ikan di wilayah ini masih disuplay dari Potianak dan Kapuas Hulu.

Sebenarnya potensi perikanan di Kabupaten Sintang juga besar sama dengan kabupaten Kapuas Hulu karena di lewati sungai kapuas, dan banyak juga pembukaan lahan disekitarnya tapi pemanfaatannya belum maksimal. Hal ini menjadi perhatian yang serius  Kepala Badan Pelaksanan Penyuluh Pertanian, Perikanan, Kehutanan dan Ketahanan Pangan  Kabupaten Sintang,  Florentinus Anum yakin bahwa potensi perikanan bisa digalakkan. "Dengan kebutuhan ikan air tawar yang meningkat di Kabupaten Sintang maka peluang untuk usaha perikanan masih terbuka luas," ujarnya

Kabupaten Sintang mempunyai potensi perikanan terutama karamba sangat bagus katena dilalui oleh sungai kapuas. Apalagi ikan yang dibutuhkan masyarakat juga tiap tahun naik terus menerus. Para petani perikanan di wilayah ini belum dapat memenuhi kebutuhan ikan masyarakat. " Saya nyakin tiga atau empat tahun lagi, kabupaten Sintang bisa suplus produksi ikan,"katanya.

Florentinus mengatakan untuk membantu para petani mengembangkan sektor perikanan, pihaknya masih cukup banyak kekurangan tenaga penyuluh perikanan. "Kami baru memiliki enam tenaga penyuluh perikanan," ungkapnya.

Dia menambahkan, untuk mencukupi kebutuhan penyuluhan perikanan ini, pihaknya memberdayakan para petani yang punya keberhasilan dan pengalaman di bidang perikanan  untuk membantu menjadi penyuluh perikanan bagi petani ikan lainnya. Pada saat ini ada 24 petani yang bersedia ,menjadi penyuluh swadaya yang sudah mempunyai pengalaman, keberhasilan dalam budidaya ikan baik dikolam maupun di karamba.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "KABUPATEN SINTANG MENUJU KAWASAN SUPLUS IKAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel