-->

UNIT 5 RIMBO BUJANG COCOK LOKASI SMKN TEKNOLOGI PERIKANAN DAN PERTANIAN

Budilaksonoputra....Perkembangan usaha dibidang perikanan dan pertanian di kebupaten tebo khususnya di eks transmigrasi baik di Rimbo bujang, Rimbo Ilir da Rimbo Ulu semakin pesat. Salah satu usaha yang baru digalakkan pemerintah adalah budidaya ikan.

 Usaha budidaya ikan di Rimbo bujang dan sekitarnya baik dikolam tradisional, semi intensif dan kolam terpal yang dikelola dengan kemampuan yang dikuasai oleh petani mengenai teknologi tersebut sudah cukup baik. Pada usaha budidaya ikan yang besar itu ada di Unit Lima (5) makanya cocok bila berdiri SMKN yang bergerak bidang perikanan dan pertanian.

Selain itu, masyarakat juga banyak yang mengembangkan usaha di bidang pertanian yakni budidaya sayur dilahan tidur untuk mencukupi permintaan pasar. Ada yang mengembangkan usaha skala rumah tangga yakni memanfaatkan hasil pertanian dan perikanan yang semakin pesat. Usaha tersebut yang dikelola masih secara perorangan tapi belum ada tempat wadah/kelompok promosi untuk memasarkan produk-produknya ke luar Rimbo Bujang, Rimbo Ulu dan Rimbo Ilir.

Agar pemanfaatan lingkungan pekarangan dan lahan tidur sebagai ladang bisnis yang menghasilkan keuntungan maka perlu cara khusus. Paling cocok pemanfaatan lahan perkarangan adalah untuk lokasi kolam terpal atau beton untuk budidaya ikan. sedangkan Lahan tidur yang bisa dikelola untuk budidaya tanaman organik ( Sayuran ) dan kolam ikan bila lokasi dekat sumber air atu sungai. Modal tidak banyak hanya perlu ketekunan dalam budidayanya.Setelah panen, produks sebagian di jual kemasyarakat atau ke pasar  dan sebagian lagi diolah sendiri menjadi produk-produks tertentu yang siap dipasarkan.

Untuk mendukung usaha yang digalakkan masyarakat dalam berkarya dibutuhkan SDM yang siap diterjunkan kemasyarakat. Maka perlu dicetak pelaku bisnis dibidang terknologi perikanan dan pertanian yang akan mampu memgelola, membimbing, membantu atau memasarakan hasil sendiri maupun masyarakat. Oleh sebab itu perlu adanya pendidikan pada masyarakat pada bidang ini.

Untuk mendukung tersebut harus adanya tingkat pendidikan menengah kejuruan yang akan mendidik usaha-usaha muda yang langsung terjun kemasyarakat untuk  membudidayakan ikan dan tananam serta pengolahan hasil perikanan dan petanian serta pemasarannya secara mandiri. Oleh sebab itu, Di Wilayah Rimbo Bujang dan sekitarnya dibutuhkan pendidikan kejuruan ( SMKN ) Teknologi Perikanan dan Teknologi Pertanian yang akan mencetak anak-anak muda yang menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat. Dengan berdirinya SMKN ini akan membantu masyarakat untuk mengembangkan usaha budidaya ikan dan tanaman serta terknologinya menggunakan sistem pengelolahan yang baik dan benar. Selain itu, usaha ini tidak sebagai usaha sampingan tapi sebagai usaha utama.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "UNIT 5 RIMBO BUJANG COCOK LOKASI SMKN TEKNOLOGI PERIKANAN DAN PERTANIAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel