-->

BALITBANG KP BENGEMBANGKAN IKAN NILA SRIKANDI DI PERAIRAN PAYAU

Budilaksonoputra.....Kepala Balitbang Achmad Poernomo menjelaskan, nila srikandi merupakan strain ikan nila unggul hasil cross breeding yang diproduksi Balai penelitian Pemulian Ikan yang berada di bawah Balitbang KP.  ikan nila srikandi dirakit guna mendapatkan strain ikan nila yang mampu tumbuh baik di perairan payau.

Ikan nila srikandi merupakan hasil perkawinan silang antara ikan nila nirwana betina dengan ikan nila biru jantan. Ikan nila nirwana yang dirilis tahun 2006  merupakan strain ikan nila hitam  hasil seleksi yang diproduksi  oleh balai Pengembangan  Benih ikan  ( BPBI ) Wanayasa, Purwarkarta Jawa Barat. 

" Ikan  nila  nirwana mempunyai keunggulan dapat tumbuh cepat diperairan air tawar. Ikan nila biru berasal dari afrika Utara dan Timur Tengah," jelasnya. Keunggulan ikan nila biru berupa daya toleransi yang tinggi diperairan payau. Perkawinan silang antara keduanya menghasilkan ikan nila srikandi yang mempunyai karakter tumbuh cepat diperairan payau dengan salinitas atau tingkat kadar garam cukup tinggi diantara 10-30 ppt. 

Dia menambahkan, dari hasil pengujian nila srikandi di tambak-tambak pantai utara Jawa seperti Kerawang, Pekalongan, Tegal serta pantai selatan Yogjakarta menunjukakan perkembangan yang sangat baik. Ikan nila srikandi memiliki karakter pertumbuhan dan sintasan yang lebih baik di banding dengan ikan nila sebelumnya yakni nila nirwana dan nila biru.  Nila srikandi memiliki nilai heterosis 13,44 pada karakter bobot dan 20,33 pada karakter sintasan,

"Selanjutnya melalui keputusan menteri Nomer KEP.09/MEN/2012, ikan nila srikandi dapat disebarluaskan kepada masyarakat atau petani tambak  untuk keperluan budidaya ikan di lahan payau," tuturnya.

( sumber : KKP )

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "BALITBANG KP BENGEMBANGKAN IKAN NILA SRIKANDI DI PERAIRAN PAYAU"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel