-->

MENGOLAH BAHAN BAKU MENJADI TEPUNG UNTUK PEMBUATAN PELLET IKAN

Budilaksonoputra....

A. Membuat tepung kedelai 
  1. Kedelai direndam dalam air tawar semala 8-12 jam agar kadar airnya naik sehingga koduktivitas panas pada saat perebusan semakin baik
  2. Kemudian kedelai direbus sekitar 30 menit, tujuan perebusan yakni untuk menghancurkan senyawa yang dapat menghambat kerja enzim tripsin. Zat ini kurang baik untuk pertumbuhan ikan sehingga dapat menurunkan berat badan ikan
  3. Setelah direbus, kedelai ditiriskan dan diremas-remas hingga kulitnya hilang.
  4. Setelah itu kedelai dijemur sampai kering 
  5. Bahan yang sudah kering tersebut kemudian ditumbuk atau digiling menjadi tepung

B. Tepung limbah pengolahan udang
  1. Bahan akan diolah dimasukkan kedalam wadah yang berlubang-lubang rapat, kemudian bahan disemprotkan air sambil digoyang-goyangkan sehingga kotoran yang menempel turun kebawah bersama air.
  2. Panaskan air pada tong perebusan hingga mendidih kemudian bahan yang dicuci dikukus selama 30 menit sejak air mendidih
  3. Setelah direbus, bahan dikeringkan dengan dijemur atau dengan oven pengering
  4. Bahan yang kering kemudian ditumbuk menjadi tepung sampai bener-benar halus
C. Membuat Tepung ikan


  1. Persiapan ; Semua peralatan yang digunakan harus dalam keadaan yang bersih, setelah itu ikan dicuci dengan air bersih kemudian disortir. Ikan yang berukuran yang besar sebaiknya dipotong-potong menjadi ukurannya kecil sehingga dalam proses pemasakan lebih cepat.
  2. Pemasakan ; pemasakan menggunakan drum atau tong, tempat perubusan harus dipilih yang mudah diangkat atau dipindah, waktu pemasakan sekitar 30 menit.
  3. Pengepresan ; setelah perebusan selesai kemudian ditiris atau dipres agar kadar air dan minyak dalam bahan ikan menurun. Kegiatan ini bisa dilakukan secara sederhana yakni menggunakan berupa dongkrak mobil. waktu pengepresan selama 10 menit.
  4. Pengeringan ; pengeringan bisa dilakukan dengan cara dijemur ( harus sering dibolak balik ) atau di oven  tergantung pada cuaca dan alat yang tersedia.
  5. Penepungan ; Penepungan dapat dilakukan dengan alat sederhana seperti penumbuk padi, penggiling kopi, atau dengan grinder yang digerakkan listrik atau disel. Bahan yang sudah digiling  dan menjadi tepung kemudian dimasukkan dalam wadah atau kontong, Penyimpanan tepung ikan ini dilukakan pada tempat yang kering yang tidak terlalu panas.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "MENGOLAH BAHAN BAKU MENJADI TEPUNG UNTUK PEMBUATAN PELLET IKAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel