-->

KEJURUAN KELAUTAN SMKN 1 SANDEN BANTUL DIY BERSTANDAR INTERNASIONAL

Budilaksonoputra...Sekolah Menengah Kejuruan yang kurang diminati itu katanya sekolah kejuruan Perikanan dan kelautan. Orang yang bilang seperti itu salah besar karena SMK kelautan dan Perikanan yang banyak diminati oleh siswa lulusan SMP. Kenapa begitu? Karena setelah lulus dari SMK tersebut langsung kerja di kapal Besar baik perusahaan dalam negeri maupun luar negeri. Apalagi banyak lulusan SMK tersebut sampai berpenghasilan 10jutaan perbulan. SMK Kelautan dan Perikanan dalam menerima taruna dan taruni baru biasanya melalui seleksi yang sangat ketat dan jumlah siswa yang diterima perangkatan tidak banyak. Taruna dan taruni pada SMK Kelautan dan perikanan dibentuk dengan kedisiplinan yang tinggi. Wajar bila lulusan SMK tersebut banyak di cari perusahaan banyak.
Sekolah Menegah Kejuruan yang menerapkan kedisiplinan tinggi salah satunya adalah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. SMKN 1 Sanden, Bantul menerima sertifikat approval profesi pelaut ahli nautika kapal penangkap ikan tingkat II dari Kementerian Perhubungan, Sabtu, (14/2).
Sertifikat profesi pelaut ini diserahkan langsung oleh Ketua Dewan Penguji Keahlian Pelaut (DPKP) Dirjen Perhubungan Laut, Kemenhub RI, Djodjo Suwarjo kepada pelaksana harian (plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul, Misbakhul Munir.
Dengan diterbitkannya sertifikat profesi ini maka SMK Negeri I Sanden sudah berstandar internasional dalam menyelenggaraan pendidikan dan pelatihan (diklat) kepelautan. Sertifikat approval profesi pelaut ahli nautika kapal penangkap ikan tingkt II (Ankapin) sesuai dengan standar latihan, sertifikasi dan dinas jaga untuk pelaut (STCW-F) 1995 dan Internasional Maritim Organization (IMO).

"Saya mewakili Bupati Bantul bangga dengan prestasi sekolah yang sudah melaksanan approval profesi pelaut ini, sehingga harapannya SMK ini dapat mengoptimalkan kelulusannya agar dapat menggali potensi hasil perikanan laut selatan," kata Munir.
Oleh sebab itu, kata dia, Pemerintah Daerah (Pemda) Bantul akan terus mendorong berbagai kegiatan, sarana dan prasarana, serta peralatan yang dibutuhkan hingga mencapai kualitas terbaik untuk lulusannya. Pihaknya juga berharap SMK kelautan ini terus mengembangkan dan melatih para nelayan di pesisir selatan dalam hal penguasaan teknologi kelautan dan perikanan, sehingga nelayan di Yogyakarta dapat menjadi nelayan profesional.
"Sehingga lulusan SMKN 1 Sanden nantinya dapat menjadi perwira menengah di kapal penangkap ikan yang berkualitas, baik dari segi keterampilan dan pengetahuan," kata Munir ( Sumber : Republika)


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "KEJURUAN KELAUTAN SMKN 1 SANDEN BANTUL DIY BERSTANDAR INTERNASIONAL "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel