-->

PELEPASAN ANAK PENYU DAN TUMBUHAN BAKAU

Budilaksonoputra... Makhluk hidup untuk melanjutkan keturunannya melalui perkawinan atau perkembangbiakan. Masing-masing  makhluk hidup berbeda dalam meneruskan keturunannya ada yang langsung dan tidak langsung. Salah satu hewan yang harus dijaga agar tidak punah adalah penyu. Makanya sekarang pemerintah melalui bagian konsevasi biota atau para pelaku swasta yang peduli terhadap perkembangan dan kelangsungan hidup penyu berupaya melakukan penangkaran telur penyu sempai menetas menjadi anak penyu/tukik. Tempat lingkungan hidup penyu adalah pantai berpasir,agar lingkungan pantai tersebut tidak terjadi abrasi juga harus dilindungi.

Maka untuk tetap terjaga dilakukanlah penanaman bakau atau mangrove disekitar pantai tersebut. Dalam pelestaarin lingkungan dan penyu bukan hanya tanggung jawab bagian konservasi biota saja tapi masyarakat sekitar juga harus diberikan penyuluhan agar ikut serta melestarikan lingkungan pesisir sepanjang pantai..Selain itu pemerintah kab/kota, provinsi dan pusat juga berperan aktif dalam pelestarian lingkungan terutama lingkungan pesisir pantai yanki dengan dilakukan penanaman mangrove atau bakau serta menjaga biota yang hidup disekitarnya.

Hal tersebut seperti yang dilakukan oleh bupati Malang pada beberapa hari yang lalu, bersama2 dengan LANAL malang dan Kepala Dinas kelautan dan Perikanan melakukan pelepasan anak penyu (Tukik) dipantai Watu Leter Sitiarjo sumbermajing Wetan. Pelepasan anak penyu dihabitat asalnya ini bertujuan untuk melestarikan penyu yang hampir punah akibat pemburuan liar baik terhadap telur maupun penyunya itu sendiri untuk diperjual belikan.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka Grand opening Konservasi Sitiarjo 2013 oleh Kelompok Masyarakat Pengawas Desa Sitiarjo dibawah binaan Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Malang. Acara dimulai dengan upacara pembukaan Grand Opening Konservasi yang diikuti oleh unsur masyarakat sekitar, para pelajar, unsur linmas dan unsur lanal Malang, yang dimulainya kegiatan konservasi dalam rangka pelestarian pantai. Selain pelepasan anak penyu, dilakukan penanaman mangrove dan peletakan batu pertama pembangunan pos pantau  konservasi.
( Sumber : Dinas KP kab. Malang )



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PELEPASAN ANAK PENYU DAN TUMBUHAN BAKAU"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel