-->

SEKALI PANEN KOLAM INI MERAUP HASIL 640 JUTA RUPIAH

Budilaksonoputra...Di Desa Tangkit Baru banyak warga atau petani yang punya kolam, salah satunya adalah pak arif ( 50 ). Dengan inovasinya membuat kolam raksasa seluas  kurang lebih satu hektar. Luas kolam pak arif luasnya hampir sama besar  dengan kolam di Thailand dalam satu kali panen  bisa menghasilkan 64 ton.  Bibit ikan yang ditebar dikolam ini juga tidak tanggung2 yaitu sebanyak 275.000 ekor. Dengan pakan  sebanyak 150 kilogram  sekali tebar. " Ikan patin yang ada dikolam ini telah  berumur empat bulan dan dua bulan lagi sudah bisa dipanen.

Menurutnya, kolam  raksasa ini sudah panen tiga kali. Panen terakhir dia memperoleh  hasil sebanyak 64 ton ikan patin. Sewaktu itu harga ikan  ditingkatkan petani berkisar Rp 10.000,-/ kg . Jadi penghasilan sekali panen  dalam pembeliharaan enam bulan Rp. 640 juta.  Memang diakuinya untuk mengelola kolam ikan secara professional dibutuhkan  biaya yang cukup besar. " ujar pemilik kolam sebanyak 120 unit kolam ikan.

Untuk pakan saja dalam pemeliharaan dihabiskan 150/kg sekali tabur dengan harga pakan komersial Rp. 9.500,-/ kg. Dibutuhkan tiga orang karyawan  untuk memberi pakan. " Alhamdulillah ikan yang dipelihara dikolam yang berukuran besar ini tidak ada yang mati, kemungkinan ini disebabkan kaarena asamnya rendah. Petani dan sekaligus pedagang ikan tersebut memasarkan ikan dipasar lokal jambi, sebagian di pasarkan ke Lubuk Linggau serta bengkulu. Harga ikan dipetani  berkisar 13.000,- / kg dan harga masuk dipasaran 16.000 - 17.000,-/ kg...ujarnya.

Dijelaskan membudidayakan ikan bila dilakukan secara professional akan berhasil. Buktinya dia awalnya  budidaya ikan hanya memiliki tiga unit kolam dan dapat berkembang  sekarang ini menjadi ratusan unit. " Kita dalam berusaha harus tekun,ulet, dan tidak mudah menyerah. Ketika harga anjloksaya beberapa tahun lalu tetep membudidayakan ikan..ujarnya ( Sumber : Media jambi )

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "SEKALI PANEN KOLAM INI MERAUP HASIL 640 JUTA RUPIAH"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel