-->

BANGUN JARINGAN KUNCI UTAMA BISNIS IKAN

Budilaksonoputra....Keberaniaan menjadikan motto menekuni hobi yang kemudian menjadikan roda perputaran ekonomi yang menguntungkan, membangun jaringan menjadi kunci utama roda ekonomi tersebut bisa terus bergerak. Selain itu diperkuat dengan mitra kerja yang luas dan menguntungkan. Konsep bisnis tersebut disebutnya dengan konsep bisnis kepercayaan.

Bila seorang melakukan bisnis dengan kepercayaan akan meningkatkan hubungan jaringan mitra kita menjadi baik. Menurut Samaun, membangun bisnis dimulai dari masih aktif kuliah dulu pada waktu diawali pergerakan mahasiswa dan lembaga swadaya masyarakat. Jaringan tersebut kemudian dimaksimalkannya dengan kerja-kerja lainnya  untuk menguatkan bangunan usaha ekonominya yang berasal dari hobinya....

Jaringan dimulai dari IPB ataupun peneliti-peneliti lainya. Selain jaringan tersebut, menurutnya yang paling penting adalah keberadaan mitra kerja, petani pembudidaya ikan yang selalu menjual benihnyakepadanya dengan harga yang sudah disepakati sejak awal. sebagai contoh, pada awal dirinya membagikan telur ikan gurame untuk dibenihkan, kesepakatanya adalah benih tersebut nantinya dijual kepadanya.

Agar pembudidaya berhasil dalam pembenihan ikan gurame, ia memberi pelatihan bagaimana cara budidaya dan penerapan teknologinya. Dengan demikian, petani tersebut mendapatkan pengetahuan baru yang berguna untuk mengembangkannya supaya berhasil. " Dulu dengan pola seperti ini, yang berhasil dengan membudidayakan dengan baik akan ditambah jumlahnya.Kalau belum masih diberikan sebanyak sebelumnyalah yang dikembangkan, sampai dia mahir," Ungkapnya

Dikatakan, pola kerjasama yang dibangun selama ini tak ubahnya seperti koperasi tampa badan hukum namum berjalan dengan lancar. Keterikatanya dibangun dengan modal kepercayaan. Yang dilakukan selama ini adalah menjadikan petani pembudidaya sebagai mitranya. begitulah, yang paling penting adalah benih ikan tersebut memiliki kualitas yang baik dan tingkat kematiannya rendah.

( Sumber : Medanbisnisdaily.com tanggal 2/12/2013 )

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "BANGUN JARINGAN KUNCI UTAMA BISNIS IKAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel