-->

KKP PACU KOI INDONESIA GO INTERNASIONAL

Budilaksonoputra....Ikan hias merupakan salah satu komoditas perikanan yang sangat potensial dalam menhasilkan devisa negara dan sumber pendapatan masyarakat.  Nilai ekspor ikan hias Indonesia pada tahun 2013 diperkirakan mencapai 70 juta dolar AS  atau sekitar Rp 764 miliar, naik 20% dari tahun 2012. Dari jumlah tersebut nilai ekspor ikan koi  19 juta Dolar AS atau 178 miliar. Untuk itu Kementerian Kelautan dan Perikanan  akan terus memacu pembudidaya koi Indonesia untuk meningkatkan kualitasnya dan bisa go Internasional. Demikian disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sharif C. Sutardjo  seusai membuka 10th All Indonesia Koi Show 2013 di Tangerang ,Minggu ( 8/12).

Menurut Sharif pengemar ikan koi di Indonesia mengalami kemajuan yang amat cepat.  Saat ini setidaknya terdapat 22 klub penggemar koi, 19 koi breeder, 6 importir koi yang berasal dari jepang beserta puluhan dealer ikan koi, yang tersebar diseluruh Indonesia. Mereka terus berusaha keras membuahkan jenis-jenis koi yan terbaik. Diantaranya kontes koi seperti event 10th All Indonesia Koi show 2013. Event ini  adalah upaya strategis yang dilakukan oleh stakeholders koi sampai Indonesia melului pembudidaya ikan, pedagang, klub koi sampai pecinta dan hobbies koi melalui Asosiasi Pencinta Koi Indonesia (APKI). " Dengan melaksanakan promosi melalui kontes-kontes dan lomba-lomba baik lokal maupun nasional akan  dapat meningkatkan harga jual koi dan serta dapat menggaerahkan pasar koi nasional," katanya.

Dia menambahkan. APKI sebagai mitra strategis pemerintah untuk pengembangan koi nasional memiliki peran penting sebagai fasilitator untuk dapat membantu memecahkan permasalahan  koi nasional. APKI bisa berkiprah memajukan ikan hias Indonesia melalui implementasi 3 strategy yaitu peningkatan mutu dan kualitas koi sesuai standar pasar Internasional, pengembangan produk dari koi-koi yang bernilai rendah menjadi koi yang bernilai tinggi, serta penguatan dan pengembangan pemasaran nkoi baik domestik maupun internasional. "Pada kesempatan ini saya menyampaikan apriasi setinggi-tingginya kepada APKI yang telah menginisiasi event pameran  kontes koi  di tingkat nasional . Diharapkan kontes-kontes nasional dapat terus berkembang samapi internasional," katanya
( Sumber : KKP tanggal 8 desember 2013 )

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "KKP PACU KOI INDONESIA GO INTERNASIONAL"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel