-->

PELUANG BISNIS BUDIDAYA IKAN DI RIMBO BUJANG MENJANJIKAN

Budilaksonoputra...Rimbo Bujang adalah wilayah eks transmigrasi yang dulunya adalah bagian dari kecamatan di Kabupaten Bungo tebo. Setelah pemekaran kabupaten Tahun 1999 masuk wilayah Kabupaten Tebo. Pada tahun 2003 Kecamatan Rimbo Bujang dimekarkan penjadi tiga kecamatan yakni Rimbo Bujang, Rimbo Ilir dan Rimbo Ulu. Kecamatan Rimbo Bujang adalah kecamatan paling maju diseluruh kecamatan di kab. Tebo. Penghasilan masyarakat utamanya adalah hasil kebun karet. Perputaran uang terbesar terpusatkan di pasar Sarinah Kelurahan Worotho Agung.

Perputaran Ekonomi masyarakat sekarang semakin meningkat yang banyak dihasilkan bukan dari perkebunan karet saja tapi sawit, perdagangan, peternakan dan perikanan. Sebagian masyarakat membaca peluang usaha  di bidang perikanan karena kebutuhan kosumsi ikan yang dipasarkan pada pasar Sarinah Kelurahan Wirotho Agung masih disuplai dari luar daerah yakni dari provinsi Sumatera Barat dan Linggau. 

Budidaya ikan di wilayah Rimbo bujang di bagi dua yakni pembenihan ikan yakni sebagai penyedia benih dan budidaya ikan untuk kosumsi. Untuk wilayah budidaya ikan menyebar ada disetiap desa. Untuk di Kelurahan Wiroto Agung pembesaran ikan kosumsi ada di jalan 6 dan pembenihan ikan  lele ada dibeberapa tempat..Pada wilayah Unit 3, 4, 6 dan Unit 1 juga ada budidaya ikan lele mengunakan terpal hanya tipe skala rumah tangga.  Sentra terbesar untuk budidaya ikan adalah unit 5 atau desa Tegal Arum tepatnya dijalan 16 dan 18. Disana ada pembesaran ikan nila dan mas baik pembenihan maupun pembesaran ikan.

Pemasaran hasil panen budidaya ikan ada yang langsung diambil pedagang atau di bawa langsung ke pasar masing-masing desa. Untuk mencukupi kebutuhan kosumsi ikan didesa masing-masing aja belum mencukupi. Inilah yang menjadi alasan sebagian masyarakat berminat budidaya ikan di wilayah Rimbo Bujang karena belum mampu mencukupi kebutuhan ikan dipasar-pasar yang ada di Rimbo Bujang terutama ikan kosumsi. Ini menjadi peluang bisnis yang masih terbuka luas bagi masyarakat untuk budidaya ikan baik kosumsi dan benih ikan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PELUANG BISNIS BUDIDAYA IKAN DI RIMBO BUJANG MENJANJIKAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel