-->

PEPAYA DAPAT MENINGKATKAN KEKEBALAN IKAN

Budilaksonoputra....Ikan sehat mempunyai kemampuan untuk menangkal penyakit. Sistem kekebalan tergantung dari jumlah sel darah putih untuk membunuh bakteri. Peningkatan kekebalan sistem tubuh biasanya mengunakan vaksinasi. Tapi sekarang para pembudidaya ikan tidak usah resah atau bingung karena tanaman yang dimakan ikan secara alami dapat meningkatkan kekebalan ikan.

Tanaman Pepaya ( Carica papaya L ) adalah berupa perdu setinggi 10 m. Batang tidak berkayu, silindris, berongga dan putih kotor. Pepaya merupakan tumbuhan berakar tunggang, bercabang, bulat dan putih kekuningan. Sementara daunnya termasuk daun tunggal, diameter 25 - 75 cm, berbentuk bulat, berujung runcing, pangkal bertoreh, tepi berberigi, pertulangan menjari, panjang tangkai 25 - 100 cm dan berwarna hijau. Bunga pepaya ( Carica papaya L ) tinggal berbentuk bintang, terletak diketiak daun. dan berkelamin satu atau berumah dua. Bunga jantan terletak pada tandan, berkelopak kecil, kepala sari bertangkai pendek dan berwarna kuning. Mahkota berbentuk teropet dengan tepi bertajuk lima, bertabung panjang,dan berwarna putih kekuningan. Sedangkan bunga betina berdiri sendiri, mahkota lepas, kepala putik duduk berjumlah lima, bakal buah berumah satu dan berwarna putih kekuningan. Buah pepaya berbentuk bulat memanjang dan berdaging. Saat masih muda buah berwarna hijau dan setelah tua memjadi jingga. Biji berbentuk bulat atau bulat panjang, berukuran kecil dan bagian luar dibungkus selaput berisi cairan. Biji yang masih muda berwarna putih dan setelah tua menjadi hitam.

Bagian yang digunakan untuk meningkatkan kekebalan ikan adalah daun dan batang. Kandungan daun,akar dan  kulit batang adalah mengandung alkaloid,saponin, dan flavonoid. Selain itu daun dan akar mengandung polifenol, sedangkan biji mengadung saponin.

Pada aplikasinya, daun dapat dimanfaatkan untuk pakan ikan dengan dosisi 15 kg per 100 kg bobot ikan. Ikan gurame sangat menyukai daun ini dibanding daun lainnya. Daun cukup ditebar merata dikolam. Hanya waktu kurang lebih satu jam  saja daun sudah habis sampai tersisa tulang daunnya saja. Daun juga dapat digunakan sebagai obat strees selama transportasi, Caranya, ambil dua lembar daun berdiameter 30 cm, lalu diremas-remas di jerigen. Setelah itu bibit ikan baru dimasukkan. Densitas ikan juga diatur jangan terlalu padat. Bila kantong yang digunakan dalam transportasi bibit adalah kantong plastik sebaiknya ampasnya dibuang.

Untuk cara aplikasi batangnya yakni, ambil batang lalu potong sepanjang 30 cm. Batang ini dimasukkan dalam kolam ikan nila atau gurame karena ikan ini lebih menyukainya.. Menurut pengalaman beberapa pembudidaya ikan ternyata bahan itu mampu meningkatkan fekunditas telur sehingga cocok diberikan untuk induk. Dengan pemberian teratur, gonad cepat masak dan jumlah telur yang dihasilkan naik 10%.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PEPAYA DAPAT MENINGKATKAN KEKEBALAN IKAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel