-->

DESA SURODADI SAYUNG PRODUKSI RUMPUT LAUT Gracilaria sp



Budilaksonoputra...Desa Surodadi Kecamatan Sayung ini berjarak 22 km dari pusat pemerintahan Provinsi Jawa Tengah dan sekitar 17 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Demak mulai berkembang bisnis barunya yakni budidaya rumput laut di tambak. Menyikapi kondisi tersebut, maka Kamsani dan Rahmat mengikuti sosialisasi tentang budidaya Rumput Laut jenis Gracilaria sp.

Pak Rahmat dan Kamsani menekuni kegiatan budidaya Rumput Laut Gracilaria sp dan menjadi motivasi bagaimana masyarakat mau beralih kegiatan usaha yang dulu kurang menjanjikan beralih  pada budidaya Rumput Laut Gracilaria sp yang pasarnya sangat menjanjikan. Dalam waktu enam bulan mereka berdua mampu memotivasi warganya sehingga diperkirakan luas tambak sekarang yang sudah menanam Rumput Laut Gracilaria sp sudah mencapai 100 ha.

Hasil kerja menjadi buruh tani tambak mengelola Rumput Laut Gracilaria sp tampaknya jauh lebih baik di banding hasil merantau di kota atau diluar jawa. Dengan usaha tersebut mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan lainnya menyongsong masa depan yang lebih baik. Dan sekarang budidaya rumput laut jenis Gracilaria sp ini sudah mencapai 100 ha lebih.

Mereka bersemangat menetapkan target bahwa pada tahun 2014 harus sudah ada 400 ha tambak yang ditanami Rumput Laut Gracilaria sp dan tahun 2015 berharap menjadi 1.000 ha. Sehingga para perantau bisa kembali bekerja di kampung halamannya sendiri supaya tidak mengalami masalh baru, karena jauh dengan kluarga.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "DESA SURODADI SAYUNG PRODUKSI RUMPUT LAUT Gracilaria sp"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel