-->

PETAMBAK UDANG TEBAR DOLOMIT PADA CURAH HUJAN TINGGI

Budilaksonoputra...Curah hujan tinggi itu sebagai gendala dalam budidaya ikan dan udang karena  akan menurunkan suhu dalam kolam/tambak. Untuk mencegah agar pertumbuhan udang tidak terhambat, petambak menyebarkan dolomit agar kadar air tidak terlalu tawar dan suhunya terjaga.  Selain itu, petambak juga harus sering membuang air hujan yang melebihi ambang batas.

Menurut petambak udang dikelurahan Medan Sicanang Yusriadi mengatakan, yang menjadi tantangan petambak udang adalah tingginya curah hujan  yang dapat membuat air ditambak bertambah kasar tawarnya. 

Sementara itu, pertumbuhan yang baik bagi udang/ perikanan adalah kadar salinitas tertentu yang mempengaruhi kelangsungan hidupnya. "Beberapa bulan ini curah hujan tinggi di Medan dan sekitarnya, banyak para petambak yang waspada dan bergerak cepat jika hujan semakin deras. Sekitar dua bulan yang lalu banyak petambak merugi karena tanggul penahan jebol setelah air pasang pada malam hari masuk ke aeral pertambakan," ujarnya.

Upaya yang dilakukan oleh petambak agar suhu air tidak turun atau tetap terjaga yakni dilakukan memasang pipa penyedotan yang dipasang mengantung yang dipasang khusus untuk mengeluarkan air hujan yang berada di permukaan. Sedangkan untuk mencegah agar air tidak terlalu tawar, para petambak juga harus menabur dolomit ke areal pertambakan. 

Artikel sudah diperbaruhi tapi tidak mengurangi makna aslinya dari sumber : medanbisnisdaily.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PETAMBAK UDANG TEBAR DOLOMIT PADA CURAH HUJAN TINGGI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel