-->

PRODUKSI IKAN DESA PONGGOK TAHUN 2013 NAIK 400 TON

Budilaksonoputra...Desa Ponggok kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten adalah sentral minapolitan budidaya ikan nila. Berbagai upaya yang dilakukan, kawasan minapolitan pada desa ini produksi ikan nila mengalami kenaikan yang sinifikan di tahun 2013.

Besarnya kenaikan mencapai 400 ton dibanding pada tahun 2012. Pada tahun 2012 dapat diproduksi 1.200 ton sedangkan pada tahun 2013 mengalami kenaikan yakni mencapai 1.600 ton. Dari total produksi ikan dikawasan ini, jumlah produksi yang terbesar adalah ikan nila dan hanya sedikit yang berasal dari ikan jenis lain seperti lele, gurame,kakap, patin dan bawal.

Kenaikan produksi ikan didorong adanya penambahan luas kolam. Tahun 2013 ada penambahan luas kolam 2000 meterpersegi, Pada saat ini jumlah kolam di Desa Ponggok sebanyak 60 kolam dengan total luas puluh ribu meterpersegi milik kas desa. Kolam tersebut disewakan pada masyarakat.

Menurut kepala desa Ponggok Junaedhi Mulyono mengatakan, kehidupan petani ikan di desa Ponggok menghadapi pasang surut. Seperti  saat terjadi kenaikan harga pakan pada pertengahan tahun lalu, namum hal ini tidak mempengaruhi produksi ikan. Pada tahun 2013 sektor perikanan mampu menyumbangkan kas desa sebanyak 120 juta.

Potensi air sangat melimpah membuat desa Ponggok masuk kawasan minapolitan. Pada Kecamatan Polanharjo yang masuk dalam kawasan Minapolitan selain desa Ponggok adalah Jimus, Janti, Nganjat dan sidowayah.

Artikel ini sudah di modifikasi tapi tidak mengurangi makna aslinya
( Sumber : suaramerdeka.com )

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PRODUKSI IKAN DESA PONGGOK TAHUN 2013 NAIK 400 TON"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel