-->

PASIEN STROKE DAPAT DIPULIHKAN DENGAN IKAN GABUS


Budilaksonoputra....Ikan gabus dikenal dengan ikan kutuk yang banyak hidup liar disungai, rawa, genangan air yang permanen atau daerah gambut. Ikan gabus mampu memproteksi pasien stroke jenis sumbatan.

Tiga indikator yakni albumin, protein dan antioksidan meningkat setelah pasien stroke itu mengomsumsi ekstrak ikan gabus perhari 15 gram selama satu minggu. Dampaknya wilayah yang kena sumbatan tidak melebar keluar titik di otak yang diserang. Wilayah lain diotak terproteksi dari kerusakan karena mendapat asupan protein tinggi dari estrak ikan gabus. 


Menurut Kepala Staf Mudeik Fungsional ( SMF ) Neurologi RSUP dr Kariadi, dr Retnaningsih dikantornya mengatakan, penilitian ini melibatkan puluhan responden yang merupakan pasien stroke sumbatan di RSUP dr Kariadi. Pasien stroke  dipilah berdasar durasi serangannya stroke yang diterima. 

"Maksimal dua hari setelah kena serangan stroke sumbatan dijadikan responden. Kalau diatas itu titik yang diserang semakin banyak dan parah. Jadi sulit parameternya," ungkapnya Retnaningsih yang dipromosikan doktor di gedung Pascasarjana UNDIP. 


Pasien terkena stroke sumbatan katanya, memerlukan protein, albumin dan antioksidan untuk melindungi wilayah diotaknya agar tidak menimbulkan kerusakan lebih parah. Stroke ini ada sumbatan di otak sehingga aliran darah tidak bisa masuk. Melalui darah, zat-zat yang diperlukan otak tidak terpenuhi, sehingga otak rusak dan akhirnya tidak dapat mengirim sinyal keanggota tubuh dan akhirnya lumpuh. "Ikan gabus telah dibuat ekstrak karena orang yang kena stroke itu lidahnya kaku. Jadi lebih mudah dimakan kalau bentuknya bubur," katanya.

Selesai pemeriksaan hari kedelapan pada pasien yang diteliti menggunakan ekstrak ikan gabus, menghasilkan perbaikan sel-sel yang rusak akibat stroke, memperbaiki pembuluh darah diotak, aliran darah, memperbaiki peradangan dan lainnya. 

Ikan gabus ini, bersifat suplemen sehingga tidak menghancurkan sumbatan pada pembuluh darah, tetapi memproteksi jaringan disekitar otak agar tidak parah akibat serangan stroke. "Sifat ikan gabus ini memproteksi tidak menghancurkan. Pada stroke dikenal dua jenis pengobatan, dan ikan gabus ini jadi salah salah satunya,"katanya.

Hasil penelitian ini dapat dipertimbangkan dalam penanganan awal orang terkena strote sumbatan. Sementara jenis stroke pendarahan belum ditelitinya dikaitkan dengan ikan gabus. "Seseorang terkena stroke jenis sumbatan selain harus dibawa kedokter juga harus diberi ekstrak ikan gabus,"ujarnya
( Sumber : suaramerdeka )

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PASIEN STROKE DAPAT DIPULIHKAN DENGAN IKAN GABUS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel