-->

PEMBESARAN IKAN BAWAL DI TERPAL

Budilaksonoputra...Ikan bawal ada yang hidup pada perairan laut dan perairan tawar. Secara morfologi ikan bawal baik hidup pada air tawar maupun air laut hampir sama. Bawal air tawar mempunyai kelebihan dibanding ikan air tawar lainnya yakni pertumbuhannya relatif lebih cepat. Bentuk tubuh bawal agak memanjang dengan punggung agak tinggi. Bentuk matanya bulat, agak besar, terang dengan bibir agak tebal pada bagian bawah. Mulutnya dilengkapi gigi yang tajam dan besar.

Bawal dapat bertahan hidup pada perairan yang kandungan oksigen lebih rendah dari 2 ppm, tapi kondisi DO yang normal untuk hidup ikan bawal yakni 2.4 - 6 pmm, CO2 dibawah 5.6 ppm dan pH 7 - 8. Ikan bawal mengalami pemijahan setelah berumur 4 tahun dengan berat 4 kg/ekor. Pembenihan ikan ini dilakukam secara intensif yaitu pemijahan dengan hifofisa karena dalam pembedaan jantan dan betina sangat sulit.Dalam pemijahan, induk betina dengan berat 4-5 kg menghasilkan telur 400.000 - 600.000  butir.

Pada pembesaran ikan bawal yang diperlu diperhatikan adalah  penebaran benih, pemberian pakan dan perawatan.

1. Penebaran benih
Agar benih bawal yang ditebar hidup optimal, perlu diupayakan hal-hal sebagai berikut :
  • Perlu adanya penanganan khusus ketika mengangkut benih terutama jarak yang ditempuh. 
  • Sebelum diangkut terlebih dahulu dilakukan pemberokan.
  • Pada waktu benih dimasukkan kedalam kolam perlu dilakukan proses aklimatisasi sehingga benih tidak mengalami stress karena adanya perbedaan kondisi lingkungan. 
  • waktu penebaran benih sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau sore hari
2. Pemberian Pakan
Pada saat masih larwa ikan bawal makanannya berupa planton hewani maupun nabati. Sedangkan saat dewasaikan bawal makan organisme hewani maupun organisme nabati. Kandungan protein yang dibutuhkan untuk pakan bawal adalah 30 - 40 %. Untuk menjaga kesehatan  ikan bawal, sebaiknya ikan ini diberi pakan daun pepaya atau daun ketapang. Kedua daun juga berfungsi meningkatkan nafsu makan dan sebagai antibiotik alamiah.

3. Perawatan
Perawatan ikan bawal di kolam terpal yakni air harus dilakukan pengontrolan dengan baik , misalkan dilakukan penyiponan pada dasar kolam dan mengganti air sesering mungkin.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PEMBESARAN IKAN BAWAL DI TERPAL"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel