-->

SMK SUDAH MULAI MELAKSANAKAN UAN

Budilaksonoputra... Ujian Nasional sudah dekat yakni bulan April, serentak diseluruh Indonesia baik SMA/MA/SMK. Khusus SMK melaksanakan UAN melalui dua tahap. Tahap Pertama mengikuti UAN Praktek  Kejuruan yang dilaksanakan bulan Pebruari sampai Maret 2014. Tahap Kedua mengikuti UAN teori yang akan dilaksanakan bulan April 2014 setalah selesai pesta rakyat negeri ini.
Pada saat ini SMK punya hajatan besar yakni menyiapkan bahan dan peralatan untuk UAN praktek Kejuruan yang akan diikuti seluruh siswa kelas XII. UAN praktek wajib harus dilaksanakan oleh Siswa kelas XII. Kisi-kisi UAN praktek, Peralatan dan bahan UAN, syarat penilai UAN sudah ditentukan pemerintahan pusat dan bisa didonwlod oleh sekolah. Pemerintah memberi 3 pilihan UAN praktek yang akan dipraktekkan siswa sesuai  program keahliannya masing-masing sekolah. Jumlah waktu untuk pelaksanaan praktek 24 jam. Hari pelaksanaannya diserahkan pada masing-masing sekolah.

UAN praktek kejuruan mempunyai porsi nilai yang paling besar dibanding UAN teori Kejuruan yakni 70 %. Sedangkan Nilai UAN teori 30%.  Ada sebagian sekolah yang sekarang sudah memulai Ujian Nasional praktek kejuruan tapi sebagian belum melaksanakan. Di Sekolah Menengah Kejuruan yang sudah maju dan peralatan serta bahan yang lengkap biasa wajib masing-masing siswa melaksanakan praktek sendiri secara mandiri tidak secara kelompok. Dan mereka biasanya membagi dua bentuk UAN praktek yakni Ujian Praktek di Lab dan  Mempublikasikan produk hasil kreasi dari praktek. 

Bagi sekolah yang mempunyai keterbatasan fasiltas peralatan dan lab untuk praktek, biasanya mereka melaksanakan praktek hanya satu pilihan saja,atau dua pilihan dilaksanakannya tetapi dikerjakan secara berkelompok oleh siswa.

Pada UAN Praktek kejuruan biasanya dibagi menjadi tiga tahap penilaian yakni, tahap pertama sebelum siswa yang mengikuti ujian harus membuat proposal dan pritest tentang materi yang akan dipraktekan,. Untuk tahap kedua, siswa harus melaksanakan rangkaian proses praktek sesuai pilihannya. Kemudian tahap ketiga, setelah siswa melaksanakan praktek harus menyusun laporan dan postest

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "SMK SUDAH MULAI MELAKSANAKAN UAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel