-->

KPP MEMPERKUAT BASIS PRODUKSI GARAM

Budilaksonoputra...Kementerian Kelauatan dan Perikanan terus mendukung dalam peningkatan  program swasembada garam nasional. Salah satu adalah mendukung basis produksi garam. Produksi garam nasional, sentra produksinya paling banyak di kabupaten Jepara, Pati dan Rembang dan brebes. Semoga dengan produksi ini akan menjadikan daerah swasembada garam Nasional.

Menurut Kementerian Kelautan dan Perikanan Sharif C Sutardjo pada acara penyerahan bantuan program kelautan dan perikanan di kabupaten Pati, Provinsi Jawa tengah mengatakan, KKP akan terus mendukung  program swasembada garam nasional. Melalui program peningkatan usaha garam rakyat, KKP mengelontorkan bantuan 8,7 milyar untuk peningkatan produksi garam rakyat di Provinsi jawa tengah.

Sharif menuturkan, untuk mendukung program swasembada garam nasional, KKP telah menetapkan 7 lokasi sebagai sentral garam nasional yaitu kabupaten Cirebon, Indramayu,Rembang, Pati , Pamekasan, sampang dan sumenep. Selain Itu KKP juga menetapkan 33 kabupaten/kota penyangga program peningkatan usaha garam rakyat. Program usaha garam rakyat melalui prinsip bottom-up artinya masyarakat sendiri yang merencanakan kegiatan, melaksanakan dan melakukan monitoring dan evaluasi sesuai dengan mekanisme yang ditentukan. 

Dia menambahkan, kebutuhan garam kosumsi nasional mencapai 1,5 juta ton per tahun. Sedangkan garam industri sebenar 2 juta ton. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, mulai tahun 2011, KKP melaksanakan program usaha produksi garam rakyat di 40 kabupaten /kota dan tahun 2014 diperluas menjadi 43 kabupaten/ kota. Hasil produksi ini akan meningkatkan produksi garam nasional yang diharapkan tiap tahun akan naik secara sinigfikan dan dapat memenuhi kebutuhan garam masyarakat seluruh Indonesia.

Tercatat, total persediaan garam nasional 2013 sebanyak 1.345.000 ton, dikurangi kebutuhan garam semester II/2013 sebanyak 740.000 ton, sehingga masih ada sulpus produksi garam 2013 sebesar 605.400 ton. Sedangkan target produksi garam tahun 2014 diharapkan sebesar 3,3 juta ton.
( Sumber : suaramerdeka.com )

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "KPP MEMPERKUAT BASIS PRODUKSI GARAM"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel