-->

BANYUMAS SIAPKAN 300 RIBU BENIH IKAN SIAP TEBAR

Budilaksonoputra.... Kabupaten Banyumas menyiapkan benih ikan sebanyak 300 ribu untuk ditebar pada perairan umum yakni sungai dan embung. Penebaran benih dilakukan bertahap pada beberapa lokasi.

Menurut Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Sugiyanto mengatakan, penebaran benih akan ditebar pada kolam dibeberapa lokasi yakni Tambak,  Ajibarang, Cilonggok, karanglewas serta  Kembaran. Untuk banyaknya benih ikan yang diberikan tergantung permintaan masyarakat.

Benih ikan yang disiapkan oleh Dinas Peternakan dan Perikanan beberapa jenis yaitu ikan Kalper, Nila, Nilem dan Tawes. "Penebaran benih ikan ini dilakukan secara bertahap bergantung permintaan wilayah tersebut. Waktu kami sesuaikan dengan permintaan mereka," tuturnya Bapak Sugiyanto.

Dia menambahkan, kegiatan ini rutin dilakukann setiap tahunnya. Hal ini bertujuan untuk melestarikan ekosistem ikan diperairan umum. Ini disebabkan karena banyak masyarakat yang melakukan penangkapan secara ilegal seperti penyetruman pada ikan.

Pada tahun ini, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Banyumas selain menyiapkan benih ikan buat perairan umum, dinas juga menyiapkan benih untuk para kelompok tani dan pembudidaya ikan. Jumlahnya kemungkinan lebih banyak daripada jumlah benih ikan yang ditebar diperairan umum.

"Seperti halnya benih ikan untuk perairan umum, Benih ikan untuk kelompok tani juga disesuaikan dengan permintaan masyarakat yang masuk daftar usulan di dinas. Jumlahnya bisa bertambah menyesuaikan dengan usulan yang masuk," katanya dia.

Belum lama ini dinas telah melakukan penebaran benih sebanyak 25 ribu benih ikan di embung desa prembun Kecamatan Tambak. Adapun teknis perawatan dan pemanfaatannya  diserahkan pada pihak desa untuk mengaturnya apakah digunakan untuk tempat wisata atau tempat pemancingan itu tergantung pada desa. Paling penting bibit ikan dirawat dengan baik dan penangkapan ikan tidak menggunakan obat atau disetrum.
( Referensi artikel dari suaramerdeka.com )

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "BANYUMAS SIAPKAN 300 RIBU BENIH IKAN SIAP TEBAR"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel