-->

KLJI MEMPERKENALKAN KAMERA LUBANG JARUM KEPADA PENCINTA POTOGRAFI DI SEKOLAH

Budilaksonoputra……Komunitas Lubang Jarum Indonesia (KLJI) adalah komunitas terbesar di Indonesia yang sudah ada sejak 10 tahun yang lalu dan berdirinya tepat pada hari kemerdekaan Bangsa Indonesia. KLJI ini sudah menyebar diseluruh Indonesia termasuk di Depok. Komunitas ini Di Depok dengan nama Depok Distorsi.

KLJI mengenalkan kamera Lubang Jarum untuk peminat potografi  dari masyarakat, SMA/SMK  terutama multimedia dan perguruan tinggi. Dasar kamera ini harus di ketahui pencinta potografi

Lubang Jarum adalah  metode perekaman dasar dalam ilmu fotografi.  Kamera ini berkerja berdasarkan TEORI OPTIK ( Lebih lengkap lihat di materi OPTIK JURUSAN MULTIMEDIA SMK ).  Cahaya lolos  melalui lubang kecil yang diproyeksikan pada bidang datar. Metode yang digunakan sama dengan metode pada kamera digital. Hanya cahaya sensor yang masuk direkam menggunakan kertas poto. Umumnya hasil cetak seperti menggunakan lensa fish eye.

Bermain kamera lubang jarum tidak hanya melatih kemampuan potografi tapi ada hal yang didapat yang member manfaat kepada pengguna.  Manfaat yang didapatkan adalah memberikan kesabaran , melatih feeling , fisik dan imajinasi.

Alat yang bisa dibuat untuk  kamera lubang jarum yakni kaleng berkas, cat semprot hitam, alumunium foil, kertas negative, lakban hitam dan jarum.

Setelah melakukan hasil cetak , hasil foto harus di cuci cetak terlebih dahulu. Cuci cetak dilakukan  dikamar gelap sama seperti hal pada kamera analog.  Cairan yang digunakan saat mencuci film adalah developer, stopbath dan fixer.  Masing-masing ini mempunyai fingsi yang berbeda dimana Developer  sebagai pengembang gambar, Stopbath digunakan sebagai penghenti dari proses pengembang developer, dan Fixer digunakan sebagai penetap gambar. Setelah pencucian ini selesai , poto harus dibilas dengan air bersih selama 30 detik.

( Referensi dari M. Azhari Fauzan SMK3 Perguruan Cikini dalam Republika )

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "KLJI MEMPERKENALKAN KAMERA LUBANG JARUM KEPADA PENCINTA POTOGRAFI DI SEKOLAH"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel