-->

PRODUKS EKSPOR PERIKANAN HARUS DIKEMBANGKAN, DITINGKATKAN DAN DIPERLUAS

Budilaksonoputra…... Pada suatu acara seminar Indonesian Aquakulture 2014, Bayu Krisnamurthi mengatakan nilai ekspor perikanan dapat lebih besar lagi dengan memperluas Negara tujuan ekspor dan diversifikasi produk hilir. Nilai ekspor perikanan saat ini mencapai sekitar US$ 4 miliar per tahun.

Menurut Bayu, Negara tujuan ekspor perikanan Indonesia yang paling utama ditiga Negara yakni Amerika Serikat, Jepang , dan Uni Eropa. Negara tujuan ekpor perikanan lainnya yang sangat potensial untuk ekspor produk perikanan adalah Uni Emirat Arab, Iran, Irak, dan Syiria. “Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan para pelaku usaha perikanan perlu bekerjasama untuk membuka pasar ekspor baru,” ungkap Bayu.

Selama ini 70 % ekspor produk perikanan dalam bentuk beku dan sisanya dalam bentuk olahan. . Setiap produk yang kelas ekspor juga terus dikembangkan dan ditingkatkan kualitasnya. Hilirisasi produk perikanan harus dikembangkan baik dari sisi pasar maupun teknologi, hal ini bisa memperkuat daya saing kita menghadapi pasar bebas ASEAN. “Perluasan pasar produk perikanan juga harus digalakkan di dalam negeri. Promosi konsumsi makan ikan harus terus disebarluaskan, sebagai bagian dari upaya meningkatkan  gizi masyarakat dan ketahanan pangan,” tuturnya bayu
( Referensi dari trobos )

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PRODUKS EKSPOR PERIKANAN HARUS DIKEMBANGKAN, DITINGKATKAN DAN DIPERLUAS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel