FORMAT RAPOR SMK MENURUT PERMENDIKBUD 104 TAHUN 2014
13.10
Add Comment
Pelaporan Pencapaian Kompetensi Peserta Didik
a. Skor dan Nilai
Kurikulum 2013 menggunakanskala skor penilaian4,00 – 1,00 dalam menyekor pekerjaan peserta didik untuk setiap kegiatan penilaian (ulangan harian, ujian tengah semester, ujian akhir semester, tugas-tugas, ujian sekolah).
Penilaian kompetensi hasil belajar mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dilakukan dapatsecara terpisah tetapi dapat juga melalui suatu kegiatan atau peristiwa penilaian dengan instrumen penilaian yang sama.
Untuk masing-masing ranah (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) digunakan penyekoran dan pemberian predikat yang berbeda sebagaimana tercantum dalam tabel berikut.
|
Tabel konversi skor dan predikat hasil belajar untuk setiap ranah
Nilaiakhir yang diperoleh untuk ranah sikap diambil dari nilai modus (nilai yang terbanyak muncul). Nilai akhir untuk ranah pengetahuan diambil dari nilai rerata. Nilai akhir untuk ranah keterampilan diambil dari nilai optimal (nilai tertinggi yang dicapai).
b. BentukLaporan
Laporan hasil pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik dalam bentuk sebagai berikut.
1) Pelaporan oleh Pendidik
Laporan hasil penilaian oleh pendidik dapat berbentuk laporan hasil ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester.
2) Pelaporan oleh Satuan Pendidikan
Rapor yang disampaikan oleh pendidik kepada kepala sekolah/madrasah dan pihak lain yang terkait (misal: wali kelas, guru Bimbingan dan Konseling, dan orang tua/wali). Pelaporan oleh Satuan Pendidikan meliputi:
a) hasil pencapaian kompetensi dan/atau tingkat kompetensi kepada orangtua/wali peserta didik dalam bentuk buku rapor;
b) pencapaian hasil belajar tingkat satuan pendidikan kepada dinas pendidikan kabupaten/kota dan instansi lain yang terkait; dan
c) hasil ujian Tingkat Kompetensi kepada orangtua/wali peserta didik dan dinas pendidikan.
c. Nilai Untuk Rapor
Hasil belajar yang dicantumkan dalam Rapor berupa:
1) untuk ranah sikap menggunakan skor modus 1,00 – 4,00 dengan predikat Kurang (K), Cukup (C), Baik (B), dan Sangat Baik (SB);
2) untukranah pengetahuan menggunakan skor rerata 1,00 –
4,00 dengan predikat D – A.
3) untukranah keterampilan menggunakan skor optimum 1,00
– 4,00 dengan predikat D – A.
d. Format Rapor
Format rapor untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan
SMK/MAK disajikan pada halaman-halaman berikut.
FORMAT RAPOR SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
|
No | Mata Pelajaran | Pengetahuan | Keterampilan | Sikap Sosial dan Spiritual | |||
Nilai | Huruf | Nilai | Huruf | Dalam Mapel | Antar Mapel | ||
3 | Mata Pelajaran (Nama guru) | ||||||
4 | Mata Pelajaran (Nama guru) | ||||||
III. Paket Keahlian | |||||||
1 | Mata Pelajaran (Nama guru) | ||||||
2 | Mata Pelajaran (Nama guru) | ||||||
3 | Mata Pelajaran (Nama guru) | ||||||
4 | Mata Pelajaran (Nama guru) | ||||||
IV. Lintas Minat dan/atau Pendalaman Minat (Diisi sesuai dengan minat siswa) | |||||||
1 | Mata Pelajaran (Nama guru) | ||||||
2 | Mata Pelajaran (Nama guru) |
Catatan: SB: Sangat Baik; B: Baik; C: Cukup; K: Kurang.
* : Angka real yang diperoleh siswa
|
Deskripsi
No. | Mata Pelajaran | Kompetensi | Catatan | |||
Keterampilan | ||||||
II. Dasar Program Keahlian | ||||||
1 | Mata Pelajaran (Nama guru) | Sikap sosial dan spiritual | ||||
Pengetahuan | ||||||
Keterampilan | ||||||
2 | Mata Pelajaran (Nama guru) | Sikap sosial dan spiritual | ||||
Pengetahuan | ||||||
Keterampilan | ||||||
3 | Mata Pelajaran (Nama guru) | Sikap sosial dan spiritual | ||||
Pengetahuan | ||||||
Keterampilan | ||||||
4 | Mata Pelajaran (Nama guru) | Sikap sosial dan spiritual | ||||
Pengetahuan | ||||||
Keterampilan | ||||||
III. Paket Keahlian | ||||||
1 | Mata Pelajaran (Nama guru) | Sikap sosial dan spiritual | ||||
Pengetahuan | ||||||
Keterampilan | ||||||
2 | Mata Pelajaran (Nama guru) | Sikap sosial dan spiritual | ||||
Pengetahuan | ||||||
Keterampilan | ||||||
3 | Mata Pelajaran (Nama guru) | Sikap sosial dan spiritual | ||||
Pengetahuan | ||||||
Keterampilan | ||||||
4 | Mata Pelajaran (Nama guru) | Sikap sosial dan spiritual | ||||
Pengetahuan | ||||||
Keterampilan | ||||||
IV. Lintas Minat dan/atau Pendalaman Minat (Diisi sesuai dengan minat siswa) | ||||||
1 | Mata Pelajaran (Nama guru) | Sikap sosial dan spiritual | ||||
Pengetahuan | ||||||
Keterampilan | ||||||
2 | Mata Pelajaran (Nama guru) | Sikap sosial dan spiritual | ||||
Pengetahuan | ||||||
Keterampilan | ||||||
Catatan:
1. Untuk mata pelajaran yang belum tuntas pada semester berjalan, dituntaskan melalui pembelajaran remedi sebelum memasuki semester berikutnya.
2. Dinyatakan tidak naik kelas bila terdapat 3 mata pelajaran ataulebih, pada kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan/atau sikap belum
tuntas/belum baik.
0 Response to "FORMAT RAPOR SMK MENURUT PERMENDIKBUD 104 TAHUN 2014"
Posting Komentar