-->

MEMBUAT PAKAN ALAMI CACING SUTRA UNTUK BENIH IKAN

Budilaksonoputra…..Dalam Budidaya ikan terutama pembenihan ikan baik ikan lele, gurame, nila, mas, patin, gabus dll memerlukan pakan alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh ikan. Pakan alami sekarang sangat susah didapat dan apabila ada juga harganya mahal. Untuk itu perlu cara yang tepat untuk menyediaakan pakan alami tersebut. 

Pakan alami yang banyak dibutuhkan para pembudidaya ikan terutama pembenihan adalah cacing sutra, Daphnia, Monia, Rotifera dan infusoria.

Pada pembahasan  kali ini tentang Cacing sutra atau cacing rambut terdiri atas dua lapisan otot yang membujur dan melingkar sepanjang tubuhnya. Panjang 10-30 mm dengan warna tubuh kemerahan. Saluran pencernaannya berupa celah kecil mulai dari mulut ke anus. Cacing sutra banyak didapat digot atau saluran air yang banyak mengandung bahan organic. 

Cara hidup cacing ini secara berkelompok atau berkoloni. Perkembangbiakan cacing dengan cara bertelur dari betina karena pada tubuh cacing terdapat dua alat kelamin.

Bagaimana cara setelah dapat cacing sutra digot atau beli ke penyedia cacing, untuk menyediakan stok agar tetap ada dalam pembenihan ikan. Perlukan cara yang tepat budidaya cacing sutra, dimana langkah- langkah budidayanya adalah sebagai berikut :
  1. Gunakan wadah budidaya berupa parit beton atau kotak kayu berukuran panjang 5 – 10 cm, lebar 50 cm dan tinggi 20 – 30 cm yang telah dilapisi plastik
  2. Lakukan pemupukan menggunakan kotoran ayam kering dicampur lumpur dengan perbandingan 1:1
  3. Ratakan media didasar parit dengan ketebalan 5 cm. Media dialiri dengan debit 900 ml per menit.
  4. Sehari setelah dialiri, media bibit cacing ditebarkan sebanyak 2 gram m2 media.
  5. Untuk menjaga keberadaan cacing sutra atau cacing rambut, lakukan pemupukan ulang dengan kotoran ayam setiap seminggu sekali dengan dosis 10  dari jumlah pemupukan awal
  6.  Cacing sutra dapat dipanen secara acak, dipilih populasi yang padat
  7. Cacing yang dipanen biasanya masih bercampur dengan medianya, maka untuk membersihkan masukkan kedalam ember dan bagian atasnya ditutup selama 6 jam, maka cacing sutra dengan sendirinya naik keatas permukaan ember. Cacing yang bergerambol didinding ember dapat diambil dengan tangan..


Mudah kan? Ayo solusi yang tepat untuk mengurangi kelangkaan pakan alami.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "MEMBUAT PAKAN ALAMI CACING SUTRA UNTUK BENIH IKAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel