-->

FORMAT RAPOR SMK K-13 TERBARU

PELAPORAN PENCAPAIAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK
a.       Skor dan Nilai
Kurikulum 2013 menggunakan skala skor penilaian 4,00 – 1,00 dalam menyekor pekerjan peserta didik untuk setiap kegiatan penilaian ( NH,NTS,NS, Tugas, Ujian sekolah dan Ketrerampilan )
Penilaian kompetensi hasil belajar mencakup kompetensi sikap, pengetahuan,  dan  keterampilan  yang  dilakukan  dapatsecara terpisah tetapi dapat juga melalui suatu kegiatan atau peristiwa penilaian dengan instrumen penilaian yang sama.

Untuk masing-masing ranah (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) digunakan penyekoran dan pemberian predikat yang berbeda sebagaimana tercantum dalam tabel berikut.

Tabel  konversi  skor  dan  predikat  hasil  belajar  untuk  setiap ranah
sikap
Pengetahuan
ketrampilan
modus
Predikat
Skor rerata
huruf
Capaian Optimum
Huruf
4,00
SB ( Sangat Baik )
3,85 – 4,00
A
3,85 – 4,00
A
3,51 – 3,84
A-
3,51 – 3,84
A-
3,00
B ( Baik )
3,18 – 3,50
B+
3,18 – 3,50
B+
2,85 – 3,17
B
2,85 – 3,17
B
2,51 – 2,84
B-
2,51 – 2,84
B-
2,00
C ( Cukup )
2,18 – 2,50
C+
2,18 – 2,50
C+
1,85 – 2,17
C
1,85 – 2,17
C
1,51 – 1,84
C-
1,51 – 1,84
C-
1,00
K ( kurang )
1,18 – 1,50
D+
1,18 – 1,50
D+
1,00 – 1,17
D
1,00 – 1,17
D

Nilaiakhir yang diperoleh untuk ranah sikap diambil dari nilai modus (nilai yang terbanyak muncul). Nilai akhir untuk ranah pengetahuan diambil dari nilai rerata. Nilai akhir untuk ranah keterampilan diambil dari nilai optimal (nilai tertinggi yang dicapai).


b.  BentukLaporan

Laporan hasil pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik dalam bentuk sebagai berikut.

1)      Pelaporan oleh Pendidik
Laporan hasil penilaian oleh pendidik dapat berbentuk laporan hasil ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester.

2)      Pelaporan oleh Satuan Pendidikan
Rapor yang disampaikan oleh pendidik kepada kepala sekolah/madrasah dan pihak lain yang terkait (misal: wali kelas, guru Bimbingan dan Konseling, dan orang tua/wali). Pelaporan oleh Satuan Pendidikan meliputi:
§  Hasil     pencapaian     kompetensi     dan/atau     tingkat kompetensi kepada orangtua/wali peserta didik dalam bentuk buku rapor;
§  Pencapaian   hasil   belajar   tingkat   satuan   pendidikan kepada dinas pendidikan kabupaten/kota dan instansi lain yang terkait; dan
§  Hasil  ujian  Tingkat  Kompetensi  kepada  orangtua/wali peserta didik dan dinas pendidikan.



c.       Nilai Untuk Rapor
Hasil belajar yang dicantumkan dalam Rapor berupa:
·         Untuk ranah sikap menggunakan skor modus 1,00 4,00 dengan predikat Kurang (K), cukup (C), Baik (B), dan Sangat Baik (SB);
·         Untuk ranah pengetahuan menggunakan skor rerata 1,00 – 4,00 dengan predikat D – A.
·         Untuk ranah keterampilan menggunakan skor optimum 1,00 – 4,00 dengan predikat D-A.


d.      Format Rapor
Format   rapor   untuk   SD/MI SMP/MTs,   SMA/MA,   dan SMK/MAK disajikan dibawah ini :

FORMAT RAPOR SMK

No
Mata Pelajaran
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap Sosial dan spiritual
Nilai
Huruf
Nilai
Huruf
Dalam Mapel
Antar mapel
Kelompok A ( Umum )
1
Agama
Nama Guru
Diisi angka 4,00 – 1,00*
Diisi huruf D - A
Diisi angka 4,00 – 1,00*
Diisi huruf D - A
SB,B,C,K diisi oleh guru mapel
Disimpulkan secara utuh dari sikap peserta didik dalam mapel yang koheren dan diisi oleh wali kelas dari hasil rapat antar guru mapel
2
PPKN
Nama Guru





3
B. Indonesia
Nama Guru





4
Matematika
Nama Guru





5
Sejarah Indo
Nama guru





6
Bhs. Inggris
Nama guru





Kelompok B ( umum )
1
Seni Budaya
Nama bguru






2
Porkes
Nama guru





3
Prakarya
Nama guru





I.           Dasar Bidang Keahlian
1
Mapel
Nama Guru






2
Mapel
Nama guru





3






II.         Dasar Program Keahlian
1
Mapel
Nama Guru






2
Mapel
Nama Guru





3













III.       Paket kahlian
1
Mapel
Nama guru






2
Mapel
Nama Guru





3






IV.       Lintas Minat/Pendalaman minat ( diisi sesuai minat siswa )
1
Mapel
Nama guru






2
Mapel
Nama guru





                                                Keterangan : * Nilai Real yang didapat peserta didik


                                                Depkripsi
No.
Mata Pelajaran
Kompetensi
Catatan


Keterampilan

II. Dasar Program Keahlian
1
Mata Pelajaran
(Nama guru)
Sikap sosial dan spiritual

Pengetahuan

Keterampilan

2
Mata Pelajaran
(Nama guru)
Sikap sosial dan spiritual

Pengetahuan

Keterampilan

3
Mata Pelajaran
(Nama guru)
Sikap sosial dan spiritual

Pengetahuan

Keterampilan

4
Mata Pelajaran
(Nama guru)
Sikap sosial dan spiritual

Pengetahuan

Keterampilan

III. Paket Keahlian
1
Mata Pelajaran
(Nama guru)
Sikap sosial dan spiritual

Pengetahuan

Keterampilan

2
Mata Pelajaran
(Nama guru)
Sikap sosial dan spiritual

Pengetahuan

Keterampilan

3
Mata Pelajaran
(Nama guru)
Sikap sosial dan spiritual

Pengetahuan

Keterampilan

4
Mata Pelajaran
(Nama guru)
Sikap sosial dan spiritual

Pengetahuan

Keterampilan

IV. Lintas Minat dan/atau Pendalaman Minat (Diisi sesuai dengan minat siswa)
1
Mata Pelajaran
(Nama guru)
Sikap sosial dan spiritual

Pengetahuan

Keterampilan

2

Mata Pelajaran
(Nama guru)
Sikap sosial dan spiritual

Pengetahuan

Keterampilan


         Catatan:
1.       Untuk  mata  pelajaran  yang  belum  tuntas  pada  semester berjalan, dituntaskan melalui pembelajaran remedial sebelum memasuki semester berikutnya.
2.       Dinyatakan tidak naik kelas bila terdapat 3 mata pelajaran ataulebih, pada kompetensi pengetahuan,    keterampilan,    dan/atau    sikap    belum tuntas/belum baik.




Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "FORMAT RAPOR SMK K-13 TERBARU"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel