-->

KAPAN PELAKSANAAN SELEKSI OSTN SMK TINGKAT KABUPATEN TAHUN 2015 ?


Budilaksonoputra.....Pemerintah daerah sudah selasai melakukan seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMA pada tanggal 11 Februari 2015 kemarin.  Oleh sebab itu SMK menunggu berita yang simpang siur atau tidak ada kejelasan dari pemerintah daerah untuk melaksanakan seleksi Olimpiade Sains Terapan Nasional (OSTN) 2015 ini.

Seleksi OSTN SMK 2015 belum  ada informasi yang valid kapan pelaksanaannya? Apalagi guru juga binggung karena setiap tahun nggak ada kisi-kisi OSTN yang diterima olehnya.  “Akhirnya kami sebagai guru pembimbing OSTN SMK hanya menerka-nerka materi yang di ujikan dalam penyeleksian,” kata budi pembimbing fisika terapan SMKN 6 Tebo.

Tahun 2014 setiap sekolah juga dibuat binggung oleh panitia seleksi karena nggak diberi kisi-kisi OSTN. Seleksi OSTN SMK tahun 2014 yang diadakan di SMKN 1 Tebo pada bulan Mei 2014, dimana panitia tidak ada kesiapan? Kenapa karena soal OSTN untuk Fisika SMK diambil dari internet dari Soal Seleksi Tingkat Provinsi yang diberikan kepada tingkat Kabupaten Tebo. Jumlah soal Fisika terapan berjumlah tujuh essay dengan waktu 2 jam. Mana mampu siswa mengerjakan soal tersebut dengan waktu Cuma 2 jam karena setiap satu soal jawabanya lebih dari satu lembar jawaban.  Dan panitia juga tidak menyiapkan kunci jawaban setiap soal yang diberikan kepada peserta OSTN. Untuk pengumuman juga tidak tepat waktu yang ditentukan. Yang menambah panitia tidak siap aalah pengumuman tidak transparan dan hasilnya diberikan kepada sekolah melalui telpon satu hari sebelum seleksi OSTN SMK 2014 tingkat Provinsi Jambi.


Apakah hal ini akan berlanjut di OSTN SMK 2015?


Kalau melihat kenyataan dari tahun sebelumnya dan ditahun 2015 ini juga kisi-kisi OSTN SMK belum diberikan, kayaknya nasibnya akan sama dengan sebelumnya. Melihat pelaksanan OSTN SMK tahun lalu diadakan satu bulan setelah pelaksanaan OSN SMA ditahun yang sama.

Kapan waktu yang tepat seleksi OSTN SMK?..... itu yang menjadi pertanyaan selalu dari  sekolah kejuruan terutama bagi guru pembimbung Olimpiade  karena sampai saat belum mendapat info atau surat edaran dari Kabupaten Tebo. 

Menurut informasi dari guru kabupaten lain di Provinsi Jambi bahwa OSTN SMK dilaksanakan Akhir Bulan Februari 2015.

Masalah soalnya  apakah modelnya sama dengan tahun lalu atau gimana karena selama ini SMK belum pernah melakukan MGMP mapel yang di OSTN kan.

“Dengan ketidakjelasan OSTN SMK tingkat Kabupaten Tebo, kami akan tetap membimbing siswa-siswa yang dipersiapkan untuk mengikuti seleksi,” katanya  budi. 

Kalaupun tidak ada seleksi OSTN SMK atau artinya dari pemerintah daerah kabupaten melakukan penunjukkan secara langsung kepada sekolah harus dilakukan dengan adil jangan sekolah yang besar saja yang selalu mewakili OSTN SMK tingkat Provinsi.  Dengan cara ini perwakilan untuk tingkat yang lebih tinggi kita hanya sebagai pengembira saja artinya gak pernah menang.

Kami mengharapkan OSTN SMK juga dilaksanakan seperti OSN SMA tingkat kabupaten Tebo yang baru dilaksanakan tanggal 11 Februari 2015 kemarin. Untuk waktu dan kisi-kisi mohon kami diberitahu jangan seperti tahun sebelumnya.

Tetapi ada atau tidak OSTN SMK itu keputusan dari dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo. Bila event daerah tidak ada, SMK tetap ikut event yang sama di kabupaten lain diluar Provinsi jambi. Ini untuk mengasah kemampuan siswa dan memperkenalkan SMK tersebut. SMK tetap yang terbaik dan terdepan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "KAPAN PELAKSANAAN SELEKSI OSTN SMK TINGKAT KABUPATEN TAHUN 2015 ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel