-->

TEBARKAN 10.000 EKOR BIBIT UDANG DILAHAN PERTANIAN PADI

Budilaksonoputra......Kabupaten Sleman melalui kelompok mina padi udang galah mendapatkan bantuaan bibit ikan 10.000 ekor. Bantuaan ini diberikan saat peresmian sistem pertanian mina padi udang galah di Desa Dero, Harjobinangun, Pakem, Sleman oleh Sri Adiningsih Ketua Dewan Pertimbangaan Persiden Joko Widodo. Di Sleman merupakan sentral pertanian yang pengelolahannya bagus. Dan disinilah dikembangkan budidaya ikan dan udang yang bersama-sama dengan menanam padi. Program ini sudah dimulai dari tahun 2003. Namun untuk mina padi udang galah baru tahun 2015 ini diterapkan pada sawah petani.

Sri Adiningsih secara simbolis menebarkan bibit udang galah sebanyak 10.000 ekor. Penebaran bibit udang galah kali ini mengambil lokasi seluas 1.000 meter persegi milik salah satu petani dari Kelompok Tani Ugadi.

Menurut Sri Adiningsih, sistem pertanian mina tani dengan menggabungkan tanaman dan ikan juga udang dalam satu lokasi merupakan terobosan dan kreasi yang baik untuk mendukung berdikari pangan sesuai program presiden. Dirinya mengapresiasi secara mendalam dan mendukung adanya pertanian mina padi tersebut.
"Saya sangat bahagia karena mina padi di kawasan Sleman ini benar-benar bisa terjadi. Tentu saja hal ini sesuai dengan tujuan swasembada pangan dan berdikari ekonomi yang dicanangkan Presiden Joko Widodo," ungkapnya.
Sri Adiningsih juga mengatakan, jika telah mengkomunikasikan langkah nyata mina padi udang galah tersebut pada presiden. Menurutnya, presiden sangat apresiatif terhadap kreasi masyarakat bersama Pemerintah Daerah dan juga kelompok tani tersebut. "Saya sudah sampaikan pada presiden dan nantinya beliau sanga tertarik untuk datang dan memanen secara langsung," imbuhnya.
Frans Hero Making, penyuluh dari Dinas Pertanian dan Perikanan Pakem yang menjadi pemrakarsa sistem tersebut mengatakan jika sistem mina padi udang galah ini dapat menambah keuntungan petani hingga 25 persen dalam sekali panen dan menggunakan metode tanam padi metode Jajar Legowo. Meskipun lahan padi berkurang untuk air kolam ikan, namun ternyata hal tersebut lebih menguntungkan bagi petani karena hasil padi bertambah dan hasil ikan pun demikian.
"Untuk setiap 1.000 meter persegi keuntungannya lebih dari 25 persen karena bisa dilepaskan benih 10.000 lebih udang galah. Sistemnya dengan ditanam model jajar legowo yang ternyata bisa mendongkrak hasil panen, baik padi dan juga ikan," ungkapnya pria asli Flores tersebut.
Semoga sistem pertanian mina padi udang galah akan menginsfirasikan kepada kelompak perikanan dan pertanian untuk mengelola dengan baaik (Sumber : Kedaulatan Rakyat)


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "TEBARKAN 10.000 EKOR BIBIT UDANG DILAHAN PERTANIAN PADI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel