Trik Membuat Bisnis Dagang Tetap Ramai dan Profit Meningkat
18.05
Add Comment
Trik membuat bisnis dagang anda tetap ramai dan profit meningkat- Berdagang. Bisnis yang sangat menjanjikan. Baik dirumah, online, pinggir jalan, disekolah-sekolah maupun berdagang keliling kampung. Sebelum saya kasih trik, saya ceritakan dulu seberapa menguntungkan-kah bisnis dagang itu.
Sebelum mengenal berdagang adalah bisnis yang propektif, saya penasaran akan bisnis ini. Benarkah bisa meraup keuntungan yang besar. Dilihat dari kondisi dan face dari bisnis ini sepertinya tak begitu istimewa. Namun, setelah saya coba cari tahu ternyata hasilnya wow.
Kenapa wow ?
Karena bisnis ini mempunyai beberapa kelebihan yang tak dimiliki oleh bisnis-bisnis yang lainnya.
*Bisnis yang menghasilkan profit sangat cepat.
*Perputaran modal cepat.
*Begitu mudah untuk dijalankan.
*Tidak butuh modal yang sangat besar kecuali untuk barang dagangan tertentu.
*Bisa sebagai bisnis utama maupun sampingan.
Menakjubkan bukan. Akhirnya dari beberapa pertimbangan diatas saya bisa menjawab pertanyaan ibu. Yang kebetulan waktu itu ibu saya mendapat tawaran menjadi pengelola kantin di sekolah dasar. Saya bilang ke ibu "peluang besar bu"
Kenapa saya bilang seperti itu. Karena kantin disekolah sudah pasti laku. Karena calon-calon konsumen sudah menunggu. Akhirnya benar juga yang saya perkirakan. Ibu saya bisa mendapat penghasilan 2-3 jutaan perbulan. Setelah saya rasa menguntungkan, tak ada salahnya saya berbagi tips kepada teman-teman bagaimana cara berdagang yang efektif. Cara ini saya riset dari pedagang dipasar sewaktu duduk di bangku kuliah semester 2
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal memang dibutuhkan kreativitas dan inovasi dari pedagang itu sendiri. Dan sayangnya masih banyak pedagang yang kerjanya monoton. Selebihnya mari kita ulas bersama.
1. Permainan harga
Maksud permainan harga disini bukanlah monopoli. melainkan menaikkan harga barang tertentu yang biasanya laku. Trik ini didapat dari salah satu dosen saya sendiri sewaktu semester 1. Trik ini cocok untuk anda yang berjualan dirumah maupun dipasar. Namun, trik paling tepat diterapkan pada pedagang sayuran.
Kenapa ?
Karena sayuran itu ada segmen-segmen tertentu. Salah satunya adalah waktu. Coba kita lihat dipasar sayur. Pasti para ibu rumah tangga membeli sayuran dipagi hari bukan ?
Nah, inilah yang saya maksud dengan segmen tadi. Hal ini bisa anda manfaatkan dengan menaikkan harga sayuran sewaktu sayuran berada pada titik paling laku keras atau laris kalo bahasa saya.
Misal nih, harga sebuah sayuran biasanya Rp 2000 per ikat. Nah, sewaktu dipagi hari naikkan sayuran seharga Rp 2500 per ikat. Karena segmen pagi itulah sayuran sangat laku. Selanjutnya setelah 1 jam atau pasar kurang pengunjung, turunkan lagi seperti harga semula. Hitung keuntungannya. Walaupun tak seberapa namun menambah profit bukan.
2. Kunci pelanggan
Apa sih maksud kunci pelanggan ?
Pelanggannya dirantai ya ?
Atau digembok ?
Maksud saya disini adalah jaga pelanggan jangan sampai pindah haluan. Maksud pindah haluan itu sendiri adalah pindah langganan kepada pedagang lain. Yang tentunya itu saingan anda.
Ingat pelanggan = profit. Jadi jangan tinggalkan poin ini.
Cara yang efektif adalah melakukan promosi-promosi yang dapat mempertahankan pelanggan bahkan menarik pelanggan baru.
Bagaimana cara promosinya ?
Menurut saya tak usah muluk-muluk kok. Cukup anda turunkan harga saja. Itu sudah efektif.
Harga barang A hari ini anda turunkan sebesar harga modal beli. Sehingga anda tidak untung dan tidak rugi. Dimana barang itu adalah barang yang sangat dicari.
Lalu keuntungan kita apa ??
Keuntungan kita adalah menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama. Ingat, ibu rumah tangga itu perhitungan banget loh. Selisih 500 rupiah saja dipermasalahkan. Inilah kesempatan anda. Ketika sudah mulai ada pelanggan. Kembali naikkan harga secara perlahan. Sehingga anda mendapatkan untung dan mendapat pelanggan baru.
3. Siapkan reward bagi pelanggan yang loyal.
Apakah anda tahu mengapa supermaket, minimarket, pasar-pasar modern lainnya bisa bertahan lama ??
Yang pertama memang pengibaran bendera usahanya dan manajemen usahanya yang betul-betul matang.
Selain itu apa lagi rahasianya?
Sudah pasti, jawabannya adalah reward dan diskon. Diskon sendiri adalah permainan harga yang saya bahas dipoin nomor dua tadi.
Sekarang kita bahas reward.
Apa sih reward itu ?
Reward itu adalah hadiah atau pemberian khusus untuk seseorang karena keberhasilannya.
Apakah warung kecil juga butuh reward ?
Jangankan warung kecil kalo bisa kaki lima pun terapkan reward juga. Karena hal ini yang membuat pelanggan anda tetap loyal.
Sebaiknya reward apa yang harus saya berikan ?
jenis rewardnya tidak begitu penting.
Kenapa ?
Karena pelanggan itu sangat sensitif. Seperti yang sudah saya singgung pada postingan sebelumnya. Sehingga anda beri reward sekecil apapun pelanggan akan mengingatnya dan pasti mereka berfikir "ah beli disana ajalah. Banyak hadiahnya". Logis bukan ?
4. Berinovasi dalam menjual suatu barang
Ini juga bisa mendobrak penjualan anda. Coba anda perhatikan lagi di pasar-pasar modern. Banyak event lalu diskon dan berbagai hal menarik bukan. Sangat berinovasi bukan ?
Lalu bagaimana cara berinovasinya ??
Banyak cara, seperti beli 2 gratis 1, beli 1 karton dapat piring cantik dll.
Nah itu semua itu bisa meningkatkan daya beli masyarakat. Dan tentunya sangat menguntungkan dong.
5. Jangan pernah marah.
Dari semua hal diatas inilah yang paling utama. Mau banyak diskon, banyak reward, banyak event. Kalo anda tidak ramah terhadap pembeli pasti pembeli kecewa. Kita intip lagi pada pasar modern.
Dipasar modern tidak ada SPG yang marah-marah. Pasti ramah tamah dan tentunya cantik-cantik bukan. Bahkan dipasar modern pun membebaskan pelanggannya untuk memilah-milah barang yang dipajang dengan rapi. Dan tidak diharuskan untuk membeli.
Semua itu semata-mata hanya untuk memanjakan konsumen. Sehingga konsumen tersebut akan loyal dan berlangganan dengan anda.
Itulah berberapa trik yang bisa saya berikan. Tentunya semua usaha tidak akan berhasil tanpa kerja keras.
No pain no gain.
Semoga bermanfaat bagi sahabat semua. Tinggalkan komentar yang baik dan membangun.
Sebelum mengenal berdagang adalah bisnis yang propektif, saya penasaran akan bisnis ini. Benarkah bisa meraup keuntungan yang besar. Dilihat dari kondisi dan face dari bisnis ini sepertinya tak begitu istimewa. Namun, setelah saya coba cari tahu ternyata hasilnya wow.
Kenapa wow ?
Karena bisnis ini mempunyai beberapa kelebihan yang tak dimiliki oleh bisnis-bisnis yang lainnya.
*Bisnis yang menghasilkan profit sangat cepat.
*Perputaran modal cepat.
*Begitu mudah untuk dijalankan.
*Tidak butuh modal yang sangat besar kecuali untuk barang dagangan tertentu.
*Bisa sebagai bisnis utama maupun sampingan.
Menakjubkan bukan. Akhirnya dari beberapa pertimbangan diatas saya bisa menjawab pertanyaan ibu. Yang kebetulan waktu itu ibu saya mendapat tawaran menjadi pengelola kantin di sekolah dasar. Saya bilang ke ibu "peluang besar bu"
Kenapa saya bilang seperti itu. Karena kantin disekolah sudah pasti laku. Karena calon-calon konsumen sudah menunggu. Akhirnya benar juga yang saya perkirakan. Ibu saya bisa mendapat penghasilan 2-3 jutaan perbulan. Setelah saya rasa menguntungkan, tak ada salahnya saya berbagi tips kepada teman-teman bagaimana cara berdagang yang efektif. Cara ini saya riset dari pedagang dipasar sewaktu duduk di bangku kuliah semester 2
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal memang dibutuhkan kreativitas dan inovasi dari pedagang itu sendiri. Dan sayangnya masih banyak pedagang yang kerjanya monoton. Selebihnya mari kita ulas bersama.
1. Permainan harga
Maksud permainan harga disini bukanlah monopoli. melainkan menaikkan harga barang tertentu yang biasanya laku. Trik ini didapat dari salah satu dosen saya sendiri sewaktu semester 1. Trik ini cocok untuk anda yang berjualan dirumah maupun dipasar. Namun, trik paling tepat diterapkan pada pedagang sayuran.
Kenapa ?
Karena sayuran itu ada segmen-segmen tertentu. Salah satunya adalah waktu. Coba kita lihat dipasar sayur. Pasti para ibu rumah tangga membeli sayuran dipagi hari bukan ?
Nah, inilah yang saya maksud dengan segmen tadi. Hal ini bisa anda manfaatkan dengan menaikkan harga sayuran sewaktu sayuran berada pada titik paling laku keras atau laris kalo bahasa saya.
Misal nih, harga sebuah sayuran biasanya Rp 2000 per ikat. Nah, sewaktu dipagi hari naikkan sayuran seharga Rp 2500 per ikat. Karena segmen pagi itulah sayuran sangat laku. Selanjutnya setelah 1 jam atau pasar kurang pengunjung, turunkan lagi seperti harga semula. Hitung keuntungannya. Walaupun tak seberapa namun menambah profit bukan.
2. Kunci pelanggan
Apa sih maksud kunci pelanggan ?
Pelanggannya dirantai ya ?
Atau digembok ?
Maksud saya disini adalah jaga pelanggan jangan sampai pindah haluan. Maksud pindah haluan itu sendiri adalah pindah langganan kepada pedagang lain. Yang tentunya itu saingan anda.
Ingat pelanggan = profit. Jadi jangan tinggalkan poin ini.
Cara yang efektif adalah melakukan promosi-promosi yang dapat mempertahankan pelanggan bahkan menarik pelanggan baru.
Bagaimana cara promosinya ?
Menurut saya tak usah muluk-muluk kok. Cukup anda turunkan harga saja. Itu sudah efektif.
Harga barang A hari ini anda turunkan sebesar harga modal beli. Sehingga anda tidak untung dan tidak rugi. Dimana barang itu adalah barang yang sangat dicari.
Lalu keuntungan kita apa ??
Keuntungan kita adalah menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama. Ingat, ibu rumah tangga itu perhitungan banget loh. Selisih 500 rupiah saja dipermasalahkan. Inilah kesempatan anda. Ketika sudah mulai ada pelanggan. Kembali naikkan harga secara perlahan. Sehingga anda mendapatkan untung dan mendapat pelanggan baru.
3. Siapkan reward bagi pelanggan yang loyal.
Apakah anda tahu mengapa supermaket, minimarket, pasar-pasar modern lainnya bisa bertahan lama ??
Yang pertama memang pengibaran bendera usahanya dan manajemen usahanya yang betul-betul matang.
Selain itu apa lagi rahasianya?
Sudah pasti, jawabannya adalah reward dan diskon. Diskon sendiri adalah permainan harga yang saya bahas dipoin nomor dua tadi.
Sekarang kita bahas reward.
Apa sih reward itu ?
Reward itu adalah hadiah atau pemberian khusus untuk seseorang karena keberhasilannya.
Apakah warung kecil juga butuh reward ?
Jangankan warung kecil kalo bisa kaki lima pun terapkan reward juga. Karena hal ini yang membuat pelanggan anda tetap loyal.
Sebaiknya reward apa yang harus saya berikan ?
jenis rewardnya tidak begitu penting.
Kenapa ?
Karena pelanggan itu sangat sensitif. Seperti yang sudah saya singgung pada postingan sebelumnya. Sehingga anda beri reward sekecil apapun pelanggan akan mengingatnya dan pasti mereka berfikir "ah beli disana ajalah. Banyak hadiahnya". Logis bukan ?
4. Berinovasi dalam menjual suatu barang
Ini juga bisa mendobrak penjualan anda. Coba anda perhatikan lagi di pasar-pasar modern. Banyak event lalu diskon dan berbagai hal menarik bukan. Sangat berinovasi bukan ?
Lalu bagaimana cara berinovasinya ??
Banyak cara, seperti beli 2 gratis 1, beli 1 karton dapat piring cantik dll.
Nah itu semua itu bisa meningkatkan daya beli masyarakat. Dan tentunya sangat menguntungkan dong.
5. Jangan pernah marah.
Dari semua hal diatas inilah yang paling utama. Mau banyak diskon, banyak reward, banyak event. Kalo anda tidak ramah terhadap pembeli pasti pembeli kecewa. Kita intip lagi pada pasar modern.
Dipasar modern tidak ada SPG yang marah-marah. Pasti ramah tamah dan tentunya cantik-cantik bukan. Bahkan dipasar modern pun membebaskan pelanggannya untuk memilah-milah barang yang dipajang dengan rapi. Dan tidak diharuskan untuk membeli.
Semua itu semata-mata hanya untuk memanjakan konsumen. Sehingga konsumen tersebut akan loyal dan berlangganan dengan anda.
Itulah berberapa trik yang bisa saya berikan. Tentunya semua usaha tidak akan berhasil tanpa kerja keras.
No pain no gain.
Semoga bermanfaat bagi sahabat semua. Tinggalkan komentar yang baik dan membangun.
0 Response to "Trik Membuat Bisnis Dagang Tetap Ramai dan Profit Meningkat"
Posting Komentar