-->

GABUS SUMATERA COCOK UNTUK IKAN HIAS

Budilaksonoputra,,,, Pembudidaya ikan hias sekarang melirik ke ikan gabus sumatera, ikan gabus ini cocok dijadikan ikan hias  dan ditempatkan di akuarium. Ikan ini banyak kekhasan seperti adanya bercak atau corak di badan berwujud seperti bulatan-bulatan....kata Edy wiharto pembudidaya ikan hias dari Yogyakarta.

Ikan gabus sumatera mayoritas masih diperoleh dari hasil tangkapan dialam. Jenis ikan ini antara lain masih banyak didapat dari kalimantan dan sumatera.. ungkap Edy. Ia sendiri belum bisa membudidayakan  dan yang dikoleksi dan dijual  masih banyak diperoleh dari sejumlah distribusi ikan hias. Sebagian penggemar ikan hias menyebut ikan ini " snake head " sebab bentuk kepalanya menyerupai ular. Jika muncul warna kebiruan diatas badan ada yang menambah namanya menjadi " snake head blue " . Bahkan ada yang menamakan ikan ini menjadi Selendang mayang. Corak dibadan ikan sebagian kurang jelas, sebagian lagi tampak jelas dan cerah.

Ikan Gabus sumatera dengan panjang badan antara 25 - 30 cm , rata-rata dibanderol Rp. 150.000,-/ ekor. Pakan rutin yang diberikan sama halnya dengan ikan predator lainnya, yaitu suka makan ikan air tawar dengan ukuran badan lebih kecil daripada badannya sendiri. Seperti anakan ikan lele, nila, tombro dan tawes disukai gabus sumatera.Termasuk juga jenis-jenis udang baik masih hidup atau mati. Untuk ikan yang sudah mati lebih disenangi ikan yang mati masih segar dan tidak berbau...papar Edy  ( krjogja )


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "GABUS SUMATERA COCOK UNTUK IKAN HIAS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel