-->

IKAN PATIN VARIETAS BARU YAKNI IKAN PATIN KUANSING

Budilaksonoputra...Ikan patin adalah ikan yang banyak ditemukan pada perairan sungai disumatera. Budidaya ikan patin sekarang ini menjadi primadona, dimana produksi ikan tersebut semakin diminati masyarakat baik langsung dikosumsi atau dibentuk olahan seperti bakso,pillet,sosis, nugget maupun tepung ikan.

Teknologi budidaya ikan terutama ikan patin semakin digalakkan yakni dalam penyediaan benih ikan patin. Dinas Perikanan kabupaten kuantan Singingi mengembangkan teknologi inovasi perikanan budidaya yakni sukses melahirkan ikan patin varietas baru yang merupakan  hasil perkawinan ikan patin kunyit ( betina ) dan ikan patin biasa ( jantan ). Jadi kiya patut mengapresiasi keberhasilan kepala dinas Kelautan Kuansing bapak Emmerson yang berhasil melakukan perkawinan 2 ikan patin berbeda melahirkan  ikan patin varietas baru... Kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau, Prof Dr Irwan Efendi Msc saat pelantikan Forikan  kuansing di danau  Kebun kopi di kuantan Mudik. Nama ikan patin varietas baru diberi nama ikan patin kuansing..papar Irwan efendi.

Diakuinya, keperluan ikan setiap tahunnya di indonesia, apalagi di Riua dan Kuansing akan mengalami peningkatan.Oleh karena itu , Produksi ikan dikalangan petani harus terus dikembangkan. Maka dari itu, Kepala Diskanlut Riau menghimbau seluruh masyarakat  kuansing banyak-banyak mengosumsi ikan. Disamping mengandung protein Hewani, ikan bebas kolesterol. Sehingga masysrakat bebas memanfaatkan sebanyak mungkin karena ini baik untuk kesehatan otak anak, terutama ibu=ibu yang sedang hamil..katanya.

Pada kesempatan ini, bupati Kuantan Singingi H. Sukarmis berserta muspida dan juga kepala diskanlut Riau menabur benih sebanyak 10 ribu ikan tawes dan 10 ribu ikan nila yang ditabur didanau kopi Kuantan Mudik. Kemudian, Sekda H Muharman juga turut menyaksikan  penaburan benih tersebut, begitu pula kepala Dinas Perikanan  Kabupaten Kuansing juga..

Dengan kegiatan ini, Emmerson berharap supaya masyarakat sekitar danau menjaga kebersiahan dan keindahan danau, sehingga ikan bisa tumbuh dan berkembang serta suatu saat dapat dinikmati ( sumber : Riaupos)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "IKAN PATIN VARIETAS BARU YAKNI IKAN PATIN KUANSING"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel