-->

KKP KEMBANGKAN PEMULIAAN IKAN MENJADI BENIH BERKUALITAS

Budilaksonoputra....Jakarta.Kementerian KKP mengembangkan pemuliaan ikan untuk benih berkualitas guna memajukan sektor perikanan budidaya yang dinilai masih belum terlalu dioptimalkandi Indonesia. "KKP telah dan akan terus mengembangkan kegiatan pemuliaan ikan untuk menunjang produksi benih berkualitas," kata Dirjen Perikanan Budidaya  KKP Slamet Soebjakto dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Kamis (21/11/2013).

Menurut slamet langkah-langkah disiapkan untuk itu adalah pembangunan dan rehabilitas Broodstok Center (pusat Pembenihan) dan pengembangan varietas atau jenis ikan unggul secara berkelanjutan. Selain itu, kegiatan laingnya adalah pengembangan protokol pemuliaan ikan seta menarik peran serta swasta di bidang pemuliaan ikan. "Benih dan induk merupakan  salah satu komponen penting dan strategis dalam suatu usaha perikanan budidaya. Sehingga sangat penting menyiapkan  strategi khusus untuk menyediakan benih dan induk unggul dalam jumlah yang cukup dan kontiyu,"katanya

Sebelumnya, Slamet Soebjakto menyakinkan berbagai pihak bahwa berinvestasi diperikanan budidaya tidak beresiko tinggi sehingga diharapkan lebih banyak investor yang berkecimpung di sector tersebut. "Persepsi bahwa usaha perikanan budidaya merupakan usaha yang "High Risk" sebanarnya sudah dideteksi dan diantisifasi," ujarnya.

Slamet memaparkan beragam hal antisipasi dan mekanisme deteksi itu telah dapat dilakukan antara lain karena kemajuan ilmu pengatahuan, peningkatan teknologi dan upaya mitigasi dini. Hal itu, menurut dia, juga mejadikan usaha perikanan budidaya menjadi usaha yang " calculated risk" atau dapat diperhitungkan dengan baik sebelum usaha bididaya dilakukan.

Slamet mengatakan, potensi perikanan budidaya di Indonesia juga cukup besar sehingga merupakan peluang bagi Indonesia untuk dapat menarik baik investor maupun calon investor ( Sumber : Medanbisnisdaily.com)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "KKP KEMBANGKAN PEMULIAAN IKAN MENJADI BENIH BERKUALITAS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel