-->

PROSES PEMBUATAN KRIPIK IKAN MAS BALITA ( baby fish chips )

Budilaksonoputra....Booming ikan mas balita sejak tahun 1997 ternyata mengispirasi banyak petani ikan untuk memanen ikan tawar lebih cepat. Ikan balita sebenarnya adalah istilah yang dikenal bagi ikanmas yang dipanen pada waktu masih muda, merupakan anak-anak ikan mas masih berukuran kecil yakni sebesar jari kelingking. Ikan belita ini bisa digoreng kering sehingga bisa dimakan bersama durinya. Ikan belita ini dipanen pada saat umur 30-45 hari karena biasanya ukuran kosumsi dipanen pada umur 90 hari atau 3 bulan. Daging ikan mas ini sebagai cemilan, lezat pula dikasih santan disantap sebagai lauk. Selain keuntungan berlipat, bisnis ini juga minim risiko. Ikan bisa dipanen lebih cepat.

Produk olahannya adalah keripik ikan balita ( baby Fish chips ) merupakan suatu produk yang dapat dugunakan sebagai usaha baru yang mempunyai nilai ekonomis tinggi. Pembuatan keripik ikan dapat digunakan sebagai peluang wirausaha yang sangat menguntungkan. Oleh sebab itu, diperlukan ada seatu pengolahan yang baik sehingga berkulitas mempunyai nilai ekonomis tinggi. Untuk meningkatkan kosumsi ikan, perlu upaya diversifikasi pengolahan ikan terutama produk-produk yang biasa dikosumsi masyarakat sehingga peluang keterjangkauannya dan penerimaan produk lebih besar.

Salah satu produk yang biasanya dikosumsi masyarakat yaitu kripik ikan. Kripik ikan balita ( baby fish chips ) adalah salah satu bentuk olahan pangan dari ikan yang dibalut tepung kripsi yang banyak dikosumsi dan digemari oleh berbagai lapisan masyarakat. Hal ini dikarenakan kripik ikan dapat disajikan secara cepat, mudah, renyah dan mempunyai cita rasa yang tinggi, juga dapat disajikan sebagai makanan cemilan dalam kehidupan sehari-hari. Produk olahan keripik ikan balita rasanya  lezat, renyah dan sehat yang dapat mecukupi kebutuhan akan kalsium tulang mereka.

Budilaksonoputra...Proses pembuatan keripik ikan mas balita ( baby fish chips ) adalah tahapnya sebagai berikut :
1. Pilih bahan baku yang segar dan berkualitas
2. Ikan dicuci sampai bersih, hilangkan kotoran dalam perut
3. Beri perasan jeruk untuk menghilang bau amis pada ikan
4. Haluskan berbagai bumbu yang disiapkan
5. Campurkan kedalam baskom yang berisi tepung beras, tepung terigu dan terlur
6. Tambahkan larutan santan
7. Aduk samapi tidak menggumpal, tambahkan air jika menggumpal
8. Masukkan ikan belita dalam campuran adonan tepung
9. Panaskan minyak kemudian goreng ikan hingga matang dan krispi
10. Tiriskan ikan beberapa saat kemudian kemas dalam wadah plastik yang berlebel
11. Siap untuk dipasarkan ( Sumber : Pusat Penyuluhan KP )

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PROSES PEMBUATAN KRIPIK IKAN MAS BALITA ( baby fish chips )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel