-->

CUACA BURUK TIDAK MEMPENGARUHI PEMBENIHAN IKAN INDOOR

Budilaksonoputra...Pada usaha budidaya ikan yang dijalani pelaku usaha perikanan adalah pembesaran dan pembenihan. Pembesaran adalah budidaya ikan untuk mendapatkan hasil berupa ikan ukuran kosumsi, sedangkan pembenihan yakni membudidayakan ikan dari menetas telur sampai ikan berukuran benih,

Pembudidaya ikan banyak bergerak di usaha pembenihan karena perputaran uangnya lebih cepat dengan waktu yang tidak lama. Pada pembenihan dibagi beberapa tingkatan yang dilakukan oleh pembudidaya dalam menjual benih ikan yakni ukuran 3-5 cm, 5-7 cm, 7-10 cm dan 10-12 cm. Pada pembenihan ikan dipengarui oleh faktor-faktor lain yang mendukung keberasilan yakni kualitas air. Kualitas air yang diperhatikan adalah suhu dan pH. 

Keberhasilan pembenihan yang paling diperhatikan adalah media air, wadah budidaya, dan tempatnya secara indoor/outdoor. Untuk menghadapi cuaca yang tidak menentu dimana hari cuaca mendung, udara dingin, angin kencang, itu kurang bagus bila pembenihan ikan dilakukan diluar ruangan (outdoor) terutama suhunya pada media budidaya akan turun, akibatnya banyak benih ikan yang mati terutama umur larva ikan kurang 30 hari. Inilah yang sering membuat pembudidaya pembibitan ikan merugi karena gagal dalam pembibitan ikan.Dan banyak para pembudidaya ikan menghentikan pembibitan ikan pada musim hujan atau cuaca buruk seperti ini. Dampak dari berhentinya para pembudidaya ikan yakni pasokan benih ikan berkurang, akibatnya harga benih menjadi lebih mahal.

Untuk mengatasi hal tersebut, para pembudidaya ikan harusnya berpindah tempat dalam pembibitan ikan yakni di dalam ruangan atau tertutup/ terlindung dari pengaruh cuaca buruk. Pada pembenihan secara indoor lebih menguntungkan dan dapat dilakukan sepanjang tahun. Suhu udara dalam ruangan lebih stabil atau  bisa disesuaikan dengan ikan yang akan dilakukan pembibitan. Selain itu, pengontrolan suhu, pH dan kualitas air, pakan, penyakit dan media airnya. Keuntungan dari pembenihan indoor adalah terhindar dari cuaca yang tidak menentu, terhindar dari hama dan penyakit ikan, tidak membutuhan ruangan yang luas, hasilnya pembibitan ikannya lebih banyak daripada pembenihan secara outdoor, mudah pengontrolannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "CUACA BURUK TIDAK MEMPENGARUHI PEMBENIHAN IKAN INDOOR"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel