-->

IKAN TUNA SIRIP KUNING SUDAH BERHASIL DIKEMBANGKAN OLEH KKP

Budilaksonoputra....Kementerian Kelautan dan Perikanan, berhasil mengembangkan budidaya Ikan Tuna Sirip Kuning atau Yellow fin Tuna. Ikan yang mempunyai nilai ekonomis tinggi di pasar dunia ini berhasil dibudidayakan/fattening oleh Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Budidaya Laut  (BBPPBL) Gondol Bali. Dan pada tahun 2014 akan dibangun hatchery untuk memproduksi benih ikan tuna sirip kuning di Indonesia.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C. Sutardjo menjelaskan, peluang budidaya masih sangat terbuka luas, dengan didukung ketersediaan ikan Tuna ukuran kecil/baby yang banyak tersedia di perairan Indonesia. Oleh sebab itu, budidaya ikan Tuna/Fatteningdi Indonesia mempunyai  prospek yang sangat bagus mengingat produksi hasil penangkapan sudah tidak dapat ditingkatkan.  Daerah penangkapan ikan semakin jauh dan tingkat hasil tangkapan per unit upaya atau Catch per Unit Effort (CPUE) semakin rendah. Dengan adanya beberapa kendala tersebut, biaya penangkapan ikan Tuna akan lebih tinggi dibandingkan biaya produksi ikan Tuna dalam unit budidaya. “Disamping itu, trend masyarakat dunia yang mulai beralih dari sumber protein daratan ke sumber protein laut memberikan dampak positif terhadap peningkatan usaha budidaya laut,” jelasnya.

Menurut Sharif, KKP akan terus mendukung upaya budidaya laut atau mariculture. Budidaya laut atau mariculture saat ini menjadi usaha yang mempunyai prospek cerah. Apalagi, pengembangan budidaya laut dinilai mempunyai peluang yang sangat besar. Dengan luas potensi lahan pengembangan budidaya laut nasional luas 4,58 juta ha sampai dengan tahun 2011 baru dimanfaatkan untuk usaha budidaya sekitar 169.292 ha  atau 3,69%. Padahal banyak jenis ikan konsumsi yang mempunyai nilai jual tinggi. Diantaranya, ikan Kerapu, Bawal Bintang dan Kakap Putih serta Tuna, merupakan komoditi ekspor yang banyak diminati pasar dunia. “Budidaya ikan Tuna sebenarnya sudah lama kita uji cobakan. Bahkan. untuk domestikasi Tuna telah berhasil dilakukan di Indonesia oleh BBPPBL Gondol di Bali, 10 tahun yang lalu,” katanya.

Sharif menambahkan , KKP terus berupaya menggenjot produksi perikanan budidaya baik air tawar, air laut maupun air payau melalui optimalisasi pemanfaatan potensi budidaya.Salah satu pemanfaatan potensi perikanan adalah dengan mendorong percepatan pengembangan kawasan budidaya laut (mariculture). Prospek pengembangan budidaya laut khususnya pada area off shore mempunyai peluang besar sebagai alternatif usaha yang prospektif bagi masyarakat pesisir. “Untuk kegiatan budidaya Tuna, KKP melalui pengembangan industrialisasi kelautan dan perikanan pada tahun 2013, memberikan bantuan berupa pembangunan fasiltas karamba jaring apung (KJA) di laut lepas sebanyak 5 buah berdiameter 50m dan sarana pendukungnya untuk kegiatan penggemukkan  atau fattening,” jelasnya.

( Sumber : KKP )

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "IKAN TUNA SIRIP KUNING SUDAH BERHASIL DIKEMBANGKAN OLEH KKP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel