-->

DITEMUKAN SPECIES IKAN BARU YANG INDAH DI NTT

Budilaksonoputra.....Peneliti Lembaga Penelitian Indonesia (LIPI) Renny Kurnia Hadiarty mengatakan jenis ikan ke 17 ikan species Wrasses flasher yang ditemukan pada bulan November 2013 lalu di terumbu karang wilayah Nusa tenggara Timur (NTT) unik dari warnanya. 

Ciri- ciri morfologinya bentuk bulat dorsal dan bagian sirip sirip belakang dari depan sampai ekor. Jenis ini akhirnya diberi nama Paracheilinus rennyae sesuai nama penemunya. Species  ikan ini mempunya perbedaan secara genitik  dari jenisnya. 

Ikan species ini muncul di rimba terumbu karang waktu  yang sangat jarang. Muncul disaat musin kawin dan umumnya pada waktu mendekati matahari terbenam. Ikan jantan warna akan ketahuan pada musim kawin terjadi yakni biasanya akan menjadi berwarna kecoklatan dibanding betina. Tingkah laku saat kawin, ikan jantan bangkit dari kolom air seolah mengedipkan warna spetakulernya. Sementara siripnya beranjak bangkit dan berenang dengan kecepatan tinggi namum pada jarak yang dekat. Itu dilakukan untuk menarik perhatian Wrasses flasher betina sehingga akan terjadi perkawinan. 

Ikan ini dikenal hanya dari terumbu karang pulau Flores barat daya dan wilayah Taman Nasional Komodo. Wrasses Flasher merupakan pavorit dikalangan penyelam dan fotografer bawah air karena pola warna biru  dan merah mengkilatnya. 
( referensi artikel : tajuk.co )

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "DITEMUKAN SPECIES IKAN BARU YANG INDAH DI NTT"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel