-->

SOAL UN 2014 SMA/K, 15% DISUMBANG PERGURUAN TINGGI

Budilaksonoputra...Staff khusus Kebudayaan Bidang Komunikasi dan Media, Sukemi menuturkan kalangan perguruan tinggi menyumbangkan materi soal Ujian Nasional 2014 sebesar 15%.

Menurut Sukemi setelah selesai temu "Dialog Pendidikan Pimpinan Kemendikbud dengan Stakeholder Pendidikan Jateng di Semarang kamis, mengatakan  Kontribusi penyusunan Soal UN ini  mendapat sumbangan dari kalangan PT karena hasil UN bisa jadi sebagai tiket masuk PT. Kontribusi kalangan PT dalam penyusunan soal itu hanya untuk UN jenjang SMA dan Sederajat karena peserta didik meneruskan ke jenjang perguruan tinggi setelah lulus.

Selain dari kalangan PT, Komposisi 15% Soal UN juga diambil dari soal-soal yang diujikan di tingkat Internasional seperti PISA ( Programme for International Student Assessment ). "Jadi dari PT dan soal-soal Internasional sebanyak 15% dan 75% lagi disusun oleh BSNP ( Badan Standar Nasional Pendidikan ) karena itu tahun 2014 ini, hasil UN bisa menjadi paspor atau tiket masuk PT," ujarnya.

Ia menjelaskan SNMPTN akan berdasarkan pada nilai raport selama sekolah di SMA dan Sederajat , di formulasikan dengan hasil UN yang akan dicapai siswa. Peserta didik harus menyiapkan sebaik mungkin dalam menghadapi UN, apalagi tingkat kesulitan soal UN semakin tahun semakin ditingkatkan sehingga menuntut siswa terus belajar. Kalau paket soal UN masih seperti tahun sebelumnya yakni 20 paket.

Dia menambahkan, kalangan PT tidak bisa seenaknya menentukan bobot hasil nilai UN sebagai acuan penerimaan disamping nilai raport, sebab formulasinya kedua nilai tersebut yakni gabungan UN dan raport sudah ditentukan. Jadi tidak bisa nanti PTN hanya mengambil dari nilai raport yang banyak , sementara nilai UN dengan bobot yang sedikit. sudah disiapkam formulasinya dan berlaku sama untuk seluruh PTN. 
( referensi artikel : republika.co.id )

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "SOAL UN 2014 SMA/K, 15% DISUMBANG PERGURUAN TINGGI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel