-->

IKAN TERAPI ALTERNATIF BANYAK DIBURU

Budilaksonoputra.....Ikan yang dikenal sebagai terapi alternatif kesehataan dan mampu merendam sejumlah gangguan kesehatan. Fasilitas ikan terapi banyak disediakan olah pelaku objek wisata, kuliner dan pusat pembelanjaan. Kaki atau tangan dicelupkan dikolam, ikan-ikan akan memberi sensasi gigitan-gigitan lembut.



Menurut Ahmad Hanif Irfani sebagai pemelihara ikan jenis ini sekaligus pelaku jual beli mengatakan, jenis ikan terapi yangsudah banyak digunakan antara lain garra rufa, lalu beralih ke jenis nilem. Sementara ini, saya masih banyak mendatangkan nilem dari Ciamis Jawa barat.

Cara Pembelian nilem di Ciamis banyak dilakukan lewat online atau telpon. Setelah ada kesepakatan dan pembanyaran, ikan akan dikirim menggunakan jasa pengiriman paket. Dia sendiri banyak mempromosikan dan memasarkan nilem lewat BBM dan memanfaatkan internet seperti membuat blog." Kosumen yang banyak membeli yakni dari Ambarawa, Solo dan Banjarnegara. Jumlah pembelian antara 100 ekor, 500 ekor sampai 1500 ekor dan harganya sekarang  Rp. 1000/ekor,"ungkapnya.

Dia menambahkan, ikan terapi jenis nilem termasuk ikan herbivora atau pemakan tumbuh-tumbuhan seperti daun-daunan dan lumut. Bila diberi makan pelet biasanya juga dimakan tetapi komposisi pakan dalam pelet tersebut harus dari bahan baku tumbuh-tumbuhan. Ikan terapi jenis nilam sangat agresif mengisap-isap dengan mulutnya yang tidak bergigi. Bibir ikan nilem berupa lipatan-lipatan kulit yang terdiri dari otot-otot halus sehingga aman bagi kulit para masyarakat yang melakukan terapi model ini.

"Jenis ikan ini ciri fisiknya sepintas mirip ikan nila yang masih kecil. sayangnya untuk memijahkan dan mengawinkan ikan nilem masih sulit. Saya sidah mencoba 8 kali memijahkan belum berhasil ," ungkapnya hanif.

Adapun manfaat terapi menggunakan  ikan nilem dan jenis lainya di antaranya membantu menghilangkan jaringan kulit yang mati, memperhalus kulit, serta menghilangkan kulit pecah-pecah dikaki. Selain itu membantu melancarkan darah serta merelaksasi syaraf dan otot. Tidak jarang usai terapi, manfaatnya langsung  bisa dirasakan seperti kepala dan kaki menjadi enteng, ada rasa gembira ( termasuk saat proses terapi ) dan banyak manfaat yang penting lainnya.
( referensi artikel : Krjogja )

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "IKAN TERAPI ALTERNATIF BANYAK DIBURU"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel