-->

PANEN UDANG DI LAHAN PASIR PANTAI SELATAN

Budilaksonoputra...Dirjen perikanan Budidaya Dr Slamet Soebijakto MSI didampingi Kasubdit sumber daya Laut Ir. Setyawan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Jateng LM Afriadi, Kepala Dinas Kelautan dan perikanan Prov. DIY Andung Prihadi, dan Kepala BBPBAP Jepara I Made Suihta.

Dalam kunjungan kerjanya, sempat menyaksikan panen udang satu kolam milik anggota kelompok. Pada kesempatan itu, I Made mengakui potensi pengembangan budidaya udang diwilayah pantai selatan  khususnya Purworeja sangat tinggi dibanding wilayah pantura. Di pantai selatan Purworejo udang ditebar selama 60 hari, bisa memcapai size 70-80, padahal di pantura untuk mencapai size tersebut membutuhkan waktu 3 bulan.

Dalam sambutnya Dirjen Perikanan Budidaya memberi arahan kepada masyarakat agar membentuk kelompok, sebab dengan kelompok kegiatan dapat dikelola. Misalnya dalam membeli benur, semua anggota bisa terkontrol dan tidak boleh sembarangan beli dengan dalih harga. 

Pembuatan tambak dirancang sedemikian agar pembuangan limbah air tidak mengalir ketambak lainnya. Pengelolahan bedasarkan kawasan sehingga memudahkan pengawasan. Disamping itu, penebaran benur seluruh anggota harus bersamaan yang berguna untuk mempertahankan harga produksi. Apabila terserang penyakit lebih mudah melakukan koordinasi penanganan. "Demikian pula, bila mendapat bantuan dari pemerintah maka bantuan diberikann kepada kelompok," ujarnya
( Sumber : BBPBAP Jepara )

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PANEN UDANG DI LAHAN PASIR PANTAI SELATAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel