-->

BUAT LAPORAN UJIAN PRAKTEK NASIONAL SMK

Bakan untuk buat pakan ikan
Budilaksonoputra......Pada semester genap menjadi ajang penentuan kelulusan kelas IX di SMP dan kelas XII di SMA/SMK. Melalui Permendikbud 144 tahun 2014 yakni tentang kelulusan peserta didik   bahwa porsi Ujian Nasional dan Ujian Sekolah yakni 50% : 50% dalam penilaian penentuan kelulusan pada jenjang SMP/SMA/SMK. POS UN 2015 yang ditunggu oleh sekolah SMP/SMA/SMK semoga cepat dipublikasikan. Penilaian UAN untuk SMK sedikit berbeda dengan SMA sederajat. 

Penilaian UAN SMK melalui dua tahap, dimana tahap pertama Ujian Praktek Nasional Mata Pelajaran Produktif yang dilaksanakan pada bulan Februari dan Maret. Ujian Praktek Nasional yang melaksanakan oleh SMK dengan penguji dari Dunia Usaha atau Dunia Industri yang sudah bersertifikat dari pemerintah. Sedangkan penguji dari sekolah yakni guru produktif yang sudah mengajar lebih dari 4 tahun. Kisi - Kisi Ujian Praktek Nasional langsung dikeluarkan dari BSNP melalui POS UN 2015. Semoga di awal bulan Januari POS UN 2015 sudah keluar. 

Pada Ujian Praktek Nasional, siswa haruslah diarahkan oleh guru produktif untuk memilih paket yang mana sesuai kemampuannya. Makanya sebelum dilaksanakan UPN ( Ujian Praktek Nasional ), guru melaksanakan pra UPN agar dapat diketahui kemampuan siswa. Disinilah peran guru dibutuhkan mengarahkan siswa. Pada UPN batas waktu selama praktik 24 jam. Seperti yang pernah kami lakukan, penjabaran 24 jam menjadi satu minggu pelaksanaan dari persiapan, proses kerja, hasil akhir. 

Pada Ujian Praktik Nasional juga membuat laporan seperti saat prakerin. Laporan ini dibuat dari Pendahuluan, Prosedur Kerja sampai Menghitung Formulasi Pakan. Kemudian laporan diserahkan ke penguji UPN. Laporan ini digunakan sebagai dasar untuk membuktikan kemampuan dalam proses kerjanya masing - masing siswa. Setelah hasil kerja didapat persiapan laporan dikembalikan lagi ke masing - masing siswa untuk melanjutkan pembahasan dan kesimpulan dari hasil kerja yang didapat. Kemudian Laporan Ujian Praktik Nasional tersebut diserahkan kembali ke penguji baik penguji dari sekolah atau penguji dari DU/DI. 

Laporan UPN yang terbaik saat kami masih mengajar Kejuruan dari pembuatan pakan ikan dari siswa yang lulus tahun 2013 adalah Anggun Dwi Apriyani yang sekarang keterima di STP jakarta. Untuk menghargai laporannya, kami hanya menberikan Daftar isi  Memproduksi dan Menguji Pakan Ikan kepada pembaca. 
Daftar Isi tersebut adalah
Bab I Alat dan Bahan
1.1. Alat Praktik
1.1.1 Alat praktik membuat pakan ikan 
1.1.2 Alat praktik uji pakan
1.2. Bahan Praktik
1.2.1 Bahan praktik membuat pakan ikan
1.2.2 Bahan praktik uji pakan
1.3 Alat dan bahan praktik menghitung pormulasi pakan
Bab II. Prosedur Kerja
2.1 Prosedur kerja membuat pakan ikan
2.2 Prosedur kerja uji  pakan
2.2.1 Prosedur uji Kekompakan
2.2.2 Prosedur uji bau
2.2.3 Prosedur Uji water stability
2.3 Prosedur kerja menghitung formulasi pakan
Bab III Menghitung Formulasi Pakan
Bab IV Hasil dan Pembahasan
4.1 Hasil praktik
4.1.1 Hasil proses pembuatan pakan
4.1.2 Hasil uji fisik pakan
4.1.2.1 Hasil uji kekompokan
4.1.2.2 Hasil uji bau
4.1.2.3 Hasil uji water stability
4.2. Pembahasan
4.2.1 Kadar air
4.2.2 Proses Pembuatan pakan
4.2.2.1 Persiapan alat
4.2.2.2 Memilih bahan baku
4.2.2.3 Henghitung formulasi pakan
4.2.2.4 memproduksi pakan
4.2.3 Uji Fisik 
4.2.3.1 Uji kekompakan
4.2.3.2 Uji bau
4.2.3.3 Uji water stability
Bab V Penutup
5.1 Kesimpulam
5.2 Saran
Lampiran 

Penilaian yang diberikan penguji meliputi Persiapan pakaian kerja, memilih alat dan bahan, Membuat laporan Ujian Praktik Nasional , Ketelitian Proses Kerja sampai hasil Kerja dan Waktu. 

Pada tahap kedua adalah Ujian Teori Kejuruan, MTK, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Pelaksanan UN Teori SMK pada bulan April 2015. 




Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "BUAT LAPORAN UJIAN PRAKTEK NASIONAL SMK "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel