-->

CARA MUDAH MEMELIHARA IKAN HIAS KOI

Budilaksonoputra......perkembangan perikanan terutama ikan hias semakin meningkat. Ikan hias yang dibudidayakan baik ikan air tawar dan ikan air laut. Ikan hias tawar banyak diminati  karena perawatan dan pemeliharan lebih mudah.

Salah satu ikan hias yang sangat diminati dan harganya mahal tiap ekornya adalah ikan hias koi. Budidaya ikan koi meliputi persiapan media, kualitas air, pemberian pakan dan cegah hama penyakit ikan.

Persiapan Media ikan Koi

Media kolam untuk pemeliharaan ikan koi adalah kolam beton/semen, kolam tanah,  atau kolam pekarangan/ kolam taman disekitar rumah.  Kenapai koi diminati karena sekitar tubuhnya terutama punggung mempunyai keindahan yang sangat cantik.

Kolam yang baik untuk budidaya ikan adalah mempunyai ukuran 1.5 x 2 meter dengan kedalaman 80 – 150 cm. Tinggi kolam minimal 25 dari bibir kolam dengan tujuan untuk mencegah koi melompat keluar kolam. Kolam jangan terlalu dangkal karena  punggung ikan jangan sering kena matahari sebab bisa memudarkan warna tubuh yang menyebabkan pertumbuhan ikan terhambat.

Kolam koi harus dilengkapi saluran  pembuangan ditengah atau disamping terletak didasar kolam. Selain itu diatas kolam dioasang pipa untuk menyalurkan  air bersih yang sudah diendapkan. Kolam koi juga harus dilengkapi filter. Filter yang dibutuhkan ada empat lapis filter.

Selain filter yang diperhatikan adalah kualitas airnya. Kualitas air yang deperhatikan adalah pH. pH yang cocok untuk budidaya ikan koi adalah 6,5 – 8,5. Untuk menjaga sirkulasi air dipasang pompa yang mampu menyalurkan air sebanyak 25 liter permenit.  Kebanyakan kolam yang digunakan dalam pemeliharaan ikan koi adalah kolam beton/ semen. Karena menggunakan filter maka sering dibersihkan untuk menjaga air tetap baik atau bagus. Filter dibersihkan dengan cara disemprot dengan air bersih diluar kolam pemeliharaan. Jika menggunakan penyaring mini yang digunakan maka dilakukan pengganian air setiap 2 minggu sekali.  Tujuan dilakukan penggantian air adalah membuang zat-zat yang tidak bermanfaat bagi ikan koi seperti zat beracun dari sisa-sisa makanan yang terurai menjadi nitrit yang akan mengganggu kehidupan koi,

Pemberian Pakan

Pada pemberian pakan ikan koi dibagi dua yakni pakan dari tumbuhan dan hewan. Pakan  yang harus diberikan harus mengandung gizi yang lengkap dimana kandungan protein harus sesuai aturan yang diteteapkan. Kandungan gizi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan memelihara warna kulit tetap indah dan bagus harus seimbang antara kadungan protein, lemak, karbohidrat,serat, mineral dan vitamin.
Jenis bahan yang digunakan untuk membuat pakan ikan koi dalam memacu pertumbuhannya yang mengandung protein tinggi adalah  gandum, tepung udang, tepung ikan dan bungkil kacang kedelai dan bahan pegikatnya adalah tepung tapioka atau sagu. Pakan untuk koi harus mengandung protein 32%, lemak 4%, abu%, serat 4% dan kadar air 12%.  Dalam pakan ini juga mengandung vitamin dan mineral. Nama pakan ini dikenal dengan wheat germ. Koi yang diberi dengan wheat germ akan tumbuh ideal yakni tumbuh jadi gemuk dan memanjang ( Terpedo ).

Untuk memacu ikan koi agar warna tubuhnya bagus menjadi cermelang, di beri pakan  yang mengandung zat karotin yang dapt merangsang munculnya warna.  Pasokan zat karoten selain yang ada dalam  tubuhnya dapat diperoleh dari luar yakni pemberian pakan dari tumbuhan dan hewan.

Pakan dari tumbuhan yang sering diberikan untuk mempertajam warna tubuhnya adalah a). Wortel dapat memberikan warna jingga pada tubuhnya. b). Alga atau ganggang Spirullina dapat membuat warna merah pada koi lebih cermelang. c). Chlorella, semangka, kubis, cabai hijau dan sawi dapat menghasilkan warna kuning ditubuh ikan koi. d). Ekstrak carrofish dari beberapa tumbuhan  yang dapat memberikan warna menjadi cerah selama 3-4 hari.

Pakan dari hewan yang diberikan untuk memacu warna koi adalah a). Kepiting, udang-udangan, krill, salmon atau trout  yang menghasilkan  warna merah menjadi cemerlang pada tubuhnya. b). Kutu Air dan artemia karena mengandung antaxanthin yang tinggi. c). Jentik nyamuk, cacing sutra dan cacing darah juga dapat mencermelangkan warna merah.

Pemberian pakan diberikan setiap hari dua kali yakni pagi hari dan sore hari. Pemberian pakan jumlahnya akan berbeda antara benih koi, koi muda dan koi dewasa.   Dosis pakan yang diberikan pada koi benih yang berumur kurang dari satu tahun dengan panjang 15 – 25 cm dan berat 50 – 100 gram diberi pakan 5% dari berat badannya. Dan kira-kira 2,5-5 gram pakan/ekor/hari. Dosis pakan untuk koi muda yang berumur 1 -3 tahun dengan panjang 25 – 45 cm dengan berat badan 100 – 200 gram diberi pakan 5% dari berat badannya. Dan kira-kira 5-10 gram pakan/ekor/ hari. Untuk dosis Koi dewasa yang berumur diatas 3 tahun dengan panjang 45-65 cm dengan berat badan 500 – 1 kg diber pakan 5% dari berat badannya. Dan kira-kira pakan 25-50 gram pakan/ekor/hari.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "CARA MUDAH MEMELIHARA IKAN HIAS KOI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel