-->

PENYESUAIAN MATERI MAPEL FISIKA SMK KURIKULUM 2013 KE KURIKULUM 2006

Budilaksonoputra......Setiap guru mengajar harus mempunyai pedoman sesuai kurikulum yang digunakan. Materi yang diberikan juga harus sesuai batasan-batasan dari buku kurikulum tersebut.

Seperti Mapel fisika materi pada kurikulum 2006 akan berbeda dengan materi kurikulum 2013. Karena pada kurikulum 2006 bidang keahlian teknologi dan kesehatan sebanyak 276 jam dalam 3 tahun, jumlah minggu afektif selama setahun 38 minggu. Jadi jumlah jam perminggu setiap semester adalah : A). Semester 1 dan 2  kelas X masing-masing 2 jam perminggunya. B). Pada semester 1 dan 2 pada kelas XI masing-masing 2 jam perminggunya. C). Pada kelas XII untuk semester 1 dan 2 masing-masing 3 jam perminggunya. Kelompok Pertanian mapel Fisika 192 jam dalam 3 tahun belajar.

FISIKA SMK K.06
Dan buku yang digunakan harus mengacu pada bse.kemendikbud.go.id.  Dalam pembelajaran harus disiapkan RPP dahulu disesuaikan dengan kualitas kemampuan siswa disekolah tersebut dan sistem penilaian yang diambil.  Oleh sebab itu Lebih baik RPP itu dibuat per bab saja karena setiap materi yang diberikan mempunyai tingkat kesukaran yang diterima  siswa akan berbeda. Walau adanya MGMP untuk menyamakan kualitas pembelajaran ditingkat pemerintah daerah masing-masing, tetap RPP dibuat sendiri dengan kulitas muridnya.

Terpenting dalam membuat RPP jangan copas dari internet, hanya ganti baju aja. Kenapa hal ini dilarang karena guru tidak punya kemampuan dalam merancang perencanan pembelajaran nantinya. Jadi bila terjadi perubahan kurikulum akan mengeluh ini itu atau tidak siap. Ada yang alasannya gak ada bukunya dan bagimana cara buat RPPnya dan lain-lain.  Semuai ini gak akan terjadi bila setiap guru mampu mengoperasikan komputer dan  mau aktif online untuk mendowlond atau mengunduh buku BSE yang fortalnya disiapkan oleh kemendikbud.  Untuk RPP jangan mendowlond ya haruslah latihan membuat sendiri agar bila terjedi perubahan kurikulum sudah siap.

Selain itu pembelajaran pada mapel Fisika akan berbeda kalau kita menggunakan kurikulum 2013. Pada kurikulum ini menggunakan pendekatan saentifikatau ilmiah yang disesuaikan dengan program keahliannya masing-masing. Pada mapel fisika menurut kurikulum 2013 hanya  diberikan dikelas X dan XI.  Dan mapel fisika juga tidak masuk dalam kelompok adaktif pada kurikulum 2006 tetapi masuk kelompok produktif sebabgi dasar kejuruan  pada kurikulum 2013.

Contohnya materi yang diajarkan dalam mapel Fisika pada program keahlian Teknik otomotif  akan berbeda dengan materi yang diajarkan di program keahlian multimedia.Ini tidak terjadi pada kurikulum sebelumnya. Wajar bila guru sedikit direpotkan dalam membuat RPP. Kalau menggunakan kurikulum 2006, RPP yang disusun hanya 3 kelompok yakni kelompok kelas X,XI dan XII untuk program keahlian teknologi dan kesehatan. Sedangkan bila sekolah mempunyai program keahlian kelompok bidang teknologi, pertanian dan kesehatan  akan lebih banyak RPP yang disiapkan. Contohnya SMKN 6 Tebo ( SKANATO ) memiliki program keahlian Teknik Sepeda Motor dan Multimedia, maka RPP mapel Fisika yang disiapkan sebanyak 4 kelompok.

Penggunaan kurikulum 2013 untuk SMK ada kekurangannya dimana mapel Fisika,Kimia dan Biologi yang masuk dalam  dasar kejuruan tidak ada bukunya baik buku guru maupun buku siswa.  Bagi guru mapel ini bisa menggunakan rambu-rambu mengajar dari silabus yang diberikan kemendikbud.go.id. Untuk masalah buku bisa menggunakan buku yang ada yakni buku bse 2008 atau 2009 kurikulum 2006. Dan bila dalam buku ini tidak ada bisa menggunakan buku penerbit diluar yang ditentukan oleh kemendikbud dan BSNP.  Atau bisa buku mapel Fisika kurikulum sebelumnya yang masih relevan. Ini ada keuntungan untuk guru mapel ini karena bisa membuat modul pembelajaran sendiri untuk kalangan sekolah atau kabupaten.  Bila seorang guru tesebut PNS bisa untuk syarat naik pangkat.

Materi mapel fisika kurikulum 2013 untuk SMK bidang keahlian teknologi dan Rekayasa dari penerbit dari luar yang ditentukan kemendikbud dan BSNP ini bisa digunakan sebagai referensi adalah sebagai berikut ;

Materi Mapel Fisika Kelas X kurikulum 2013 SMK Teknologi dan Rekayasa adalah :

Semester I : A). Besaran dan Satuan. B). Gerak dan Gaya. C). Gerak Tranlasi, Rotasi dan Keseimbangan Benda tegar. D). Implus, Momentum dan Tumbukan. E). Usaha,Energi dan Daya.
Semester II : F). Sifat Mekanik Bahan. G). Fluida Statis dan Dinamis. H). Suhu dan Kalor. I). Termodinamika.
Materi mapel Fisika kelas XI kurikulum 2013 SMK Teknologi dan Rekayasa adalah :
Semester I : A). Gerak, Gelombang dan Bunyi. B). Listrik Statis dan Dinamis. C). Medan Elektomanektik.
Semester II : D). Listrik Arus Bolak-Balik ( AC ). E). Optik. F). Fisika Modern dan Radioaktivitas

Materi mapel fisika BSE 2008 Kelas X, XI dan XII Kurikulum 2006 SMK Teknologi ( Teknik, pertanian dan Kesehatan ) adalah :

Kelas X : A) Besaran dan Satuan. B) Menerapkan Hukum Gerak dan Gaya. C). Dinamika Rotasi dan Keseimbangan Benda tegar. D). Usaha dan Energi. E). Implus danMomentum. F). Sifat Mekanik Bahan. 
Kelas XI : G).  Suhu dan Kalor. H) Dinamika Fluida. I). Termodinamika. K). Gerak, Gelombang dan Bunyi. L). Medan Magnet.
Kelas XII : M). Optik Giometri. N). Listrik Statis dan Dinamis. O). Rangkaian Arus Searah. P) Arus Bolak-Balik

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PENYESUAIAN MATERI MAPEL FISIKA SMK KURIKULUM 2013 KE KURIKULUM 2006"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel