-->

ILMU FISIKA KENALKAN PADA ANAK LEWAT MAINAN

SISWA SD MENGAMATI  
Budilaksonoputra.....Anak-anak usia dini dari usia PAUD sampai SD lebih banyak bermain daripada membuka buku walau buku tersebut tentang gambar-gambar mainan. Untuk merangsang daya pikir anak haruslah belajar dibuat sesenang mungkin sambil bermain. Makanya sekarang banyak wahana permainan yang didirikan untuk tempat bermain anak. Disinilah peran orang tua dibutuhkan untuk memberi pengertian tentang mainan tersebut dihubungkan dengan ilmu pengetahuan.

Salah satu wahana permainan bagi anak-anak untuk bermain sekalian pengenalan tentang ilmu fisika adalah Taman Mini Indonesia Indah. Pengelola TMII membaca peluang untuk meningkatkan kecerdasan anak bangsa Indonesia mendirikan pusat peragaan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk anak-anak Indonesia. TMII sebagai wisata edukasi yang memiliki banyak alat peraga yang berhubungan dengan ilmu fisika. 

Salah satunya adalah sepeda ontel yang dihubungkan dengan listrik lebih dikenal dengan sepeda kabel. Namanya kayaknya unik, dimana sepeda ini berada diatas kabel yang terentang diantara dua pilar. Sehingga orang tua yang mengajak anaknya untuk memcoba sepeda kabel tidak usah kuatir jatuh karena saat mengayuhnya. Tapi dengan syarat berat badan pengunjung kurang dari 50 kilogram. Kenapa beratnya harus kurang dari 50 kilogram? karena keseimbangannya ada pada blok besi berat 50 kilogram yang terletak dibawah sepeda kabel. Blok besi ini dihubungkan dengan pipa besi ketromol roda. 

Dan saat anak mengayuh sepeda, orang tua memberi pengertian sedikit demi sedikit tentang Fungsi alat, kegunaan alat ini juga dihubungkan dengan ilmu pengetahuan. Dengan harapan putra dan putrinya ingat tetang ilmu yang diberikan lewat alat peraga tempat bermain. Ternyata sepeda kabel ini berhubungan dengan ilmu pengetahuan Alam yakni Ilmu fisika. 

Pada saat sepeda digerakkan atau diayuh akan terdapat keseimbangan antara beban dan sepeda karena menghasilkan momentum yang sangat besar. Momentum yang dihasilkan tergantung pada panjang lengan dan berat pengayuh sepeda.  Artinya bila anak mengayuh sepeda dan bebannya kurang dari dari 50 kilogram, sepeda akan tetap berjalan diatas kawat tampa kwatir jatuh. 

Alat peraga lain untuk tempat bermain anak yang berhubungan dengan ilmu fisika adalah gyroextreme yang mampu berputar 350 derajat. Di alat ini orang  tua bisa minta penjelasan House Keeper bila dihubungkan dengan ilmu Fisika karena pada peraga ini bila digerakkan akan terjadi gerak sentrifugal dan setripental. Peralatan peraga yang ada pada TMII banyak berhungungan dengan ilmu Fisika seperti efek dopper, kotak suara,konsep dasar gerak lurus maupun bolak balik dan masih banyak lagi.

Disinilah orang tua perannya. Apa yang telah didapat dari House Keeper atau penjaga tempat peraga tersebut barulah diberikan kepada anaknya sedikit-sedikit sambil bermain. 




Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "ILMU FISIKA KENALKAN PADA ANAK LEWAT MAINAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel