-->

RPP KURIKULUM 2013 MAPEL FISIKA SMK MULTIMEDIA BAB GERAK MELINGKAR BERATURAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
GERAK MELINGKAR BERATURAN

SATUAN PENDIDIKAN            : SMKN 6 TEBO
MATA PELELAJARAN             : FISIKA
SEMESTER/KELAS                   : II / X MD
PROGRAM KEAHLIAN            : MULTIMEDIA
MATERI                                       : GERAK MELINGKAR DENGAN KECEPATAN KONSTAN
ALOKASI WAKTU                    : 6 X 45 MENIT

KOMPETENSI INTI
  1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
  2. Menghayati dan mengamalkan prilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun,responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  3. Memahami menerapkan , menganalisis, penegtahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,kenegaraan dan berhadaban terkait fenomena kegiatan, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minat untuk memecahkan masalah.
  4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaedah keilmuan

KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR


KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
3.3.
Menganalisis besaran fisis pada gerak melingkar dengan kecepatan konstan dan penerapannya dalam teknologi
  •          Mengamati demontrasi gerak ujung jarum jam
  •           Menemukan besaran-besaran fisika dalam gerak melingkar beraturan
  •       Menentukan T,f, w, dan v dalam gerak melingkar beraturan
  •       Menjelaskan perbedaan antara T dan f, w dan v dalam gerak melingkar beraturan
  •       Menjabarkan gerak melingkar beraturan
  •       Memahami keterkaitan  hubungan antara w dan v
  •             Menjelaskan secara singkat perbedaan percepatan sentripental dan gaya sentripental pada gerak melingkar beraturan
  •      Menganalisis besaran pada gerak melingkar dengan kecepatan konstan
  •       Menentukan besarnya gaya sentripental dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari

4.
Menyajikan hasil analisis berdasarkan pengamatan terkait dengan gerak melingkar
  •          Melakukan percobaan secara berkelompok untuk menyelidiki gerak berputar ( alat satu set sentripental )
  •          Mengolah data hasil percobaan , mempresentasikan dan membuat laporan tertulis hasil percobaan gerak melingkar dengan kecepatan konstan
  •          Menganalisis hasil percobaan untuk menyelidiki gerak melingkar dan memecahkan masalah melalui diskusi kelas


PERTEMUAN I ( 2 Jam )

MATERI PEMBELAJARAN
  • Benda gerak melingkar beraturan dan besarannya
  • Kecepatan linier dan kecepatan sudut
  • Percepatan sentripental pada gerak melingkar beraturan

METODE PEMBELAJARAN
  • Pendekatan       : Sentifik
  • Model               : Discovery Learning
  • Metode             : Demontrasi, Tanya jawab, diskusi dan pengamatan

MEDIA, ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  1. Media                   : Menampilkan animasi gerak kompekdis
  2.  Alat                      : Komputer, infokus, jam dinding, Stopwatch dan satu set alat setripenta
  3.  Sumber Pembelajaran :
·         Buku Fisika Bilingual SMK kelas X, Penerbit Irama Widya
·         Buku Fisika Teknologi, Pertanian, Kesehatan SMK Kelas X, Penerbit Yudistira
·         Buku Fisika Mandiri SMK Teknologi dan Rekayasa kelas X, Penerbit Airlangga
·         Buku pintar Fisika SMU kelas x, Penerbit Ganesa
·         Buku Ajar Fisika SMA/MA kelas X, Penerbit Tim MGMP Kabupaten Kebumen
·         Buku Guru Fisika SMA/MA kelas X, Penerbit Bumi Aksara
·         Sumber materi lain mengambil dari internet yang relevan

LANGKAH PEMBELAJARAN

Kegiatan Awal : 10 Menit
  • Doa
  •  Salam dan Tegur sapa
  • Guru mengabsen siswa dan memberi contoh yang berhubungan dengan gerak melingkar beraturan dengan tujuan memotivasi siswa untuk berminat mengikuti pembelajaran
  •  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran materi yang akan disampaikan

Kegiatan Inti : 70 Menit

Mengamati : 5 Menit
  •  Mengamati gerak ujung jarum jam dinding
  • Mengamati tanyangan animasi yang berhubungan dengan gerak melingkar beraturan

Menanya : 10 Menit
  •  Membuka kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya mengenai demintrasi dan tanyangan animasi gerak melingkar beraturan
  • Menanyakan kepada siswa apakah ada besaran-besaran Fisika pada demontrasi gerak melingkar beraturan
  • Menanyakan kepada siswa perbedaan T dan f  kemudian w dan V
  • Merangsang kemampuan berpikir siswa untuk menyimpulkan apakah penertian gerak melingkar beraturan
Mengeksplorasi/ Eksperimen : 30 Menit
  • Siswa di bagi 4 kelompok dan masing-masing diberi alat satu set sentripental dan beberapa beban.
  • Setiap kelompak mempraktekan menggunakan alat dan bahan diatas dengan prosedur yang sudah ditentukan secara tepat dan benar.
  • Lakukan ulangan 3x  percobaan tersebut
  •  Indentifikasi besaran pada gerak melingkar secara kelompok
Mengasosiasikan : 10 menit
  •  Peserta didik mengolah data hasil percobaan dan menganalisinya

Data Hasil Pengamatan
No
MA ( gram )
WA (N)
R (m )
t 25 put (s)
T ( s )
V ( m/s )
a( m/s2)
1
2
3
4
5
6
7
8
1
50






2
100






3
200







Mengomunikasikan : 15 menit
  • Setiap kelompok membuat laporan tertulis dikumpulkan kepada guru, kemudian mempresentasikan

Kegiatan akhir : 10 menit
  •  Mendorong siswa untuk menyumpulkan hasil diskusi yang  telah dipelajari
  •  Memberi informasi untuk pertemuan berikutnya
  • Menutup dengan salam

PERTEMUAN II ( 2 jam )

MATERI PEMBELAJARAN
  •  Gaya sentripental pada gerak beraturan
  • Penerapan gaya sentipental pada kehidupan sehari-hari

METODE PEMBELAJARAN
  •  Pendekatan       : Sentifik
  • Model               : Discovery Learnin
  • Metode             : Demontrasi, Tanya jawab, diskusi

MEDIA, ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  1. Media                   : Menampilkan gambar
  2. Alat                        : Komputer, infokus/OHP
  3. Sumber Pembelajaran :
·         Buku Fisika Bilingual SMK kelas X, Penerbit Irama Widya
·         Buku Fisika Teknologi, Pertanian, Kesehatan SMK Kelas X, Penerbit Yudistira
·         Buku Fisika Mandiri SMK Teknologi dan Rekayasa kelas X, Penerbit Airlangga
·         Buku pintar Fisika SMU kelas x, Penerbit Ganesa
·         Buku Ajar Fisika SMA/MA kelas X, Penerbit Tim MGMP Kabupaten Kebumen
·         Buku Guru Fisika SMA/MA kelas X, Penerbit Bumi Aksara
·         Sumber materi lain mengambil dari internet yang relevan

LANGKAH PEMBELAJARAN

Kegiatan Awal : 10 Menit
  • Doa
  •  Salam dan Tegur sapa
  •  Guru mengabsen siswa dan memberi contoh yang berhubungan dengan gerak melingkar beraturan dengan tujuan memotivasi siswa untuk berminat mengikuti pembelajaran
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran materi yang akan disampaikan

Kegiatan inti : 70 Menit
  • Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara :

Mengamati : 7 Menit
  • Mengamati demontrasi gelas plastik yang berisi airdiikat dengan tali yang diputar secara herisontal dan vertikal

Menanya : 5 Menit
  • Membuka kesempatan siswa untuk bertanya mengenai demontrasi tersebut
  •  Memberi Kesempatan kepada peserta didik untuk menyebutkan contoh
  •  Membimbing siswa untuk menyimpulkan apa yang didapat dari demontrasi tersebut
Mengeksplorasi/ Eksperimen : 35 menit
  •  Menjelaskan secara singkat gaya sentripental pada gerak beraturan dan memberi contoh penerapan dikehidupan sehari-hari
  •  Masing-masing kelompok mencobakan secara mandiri demontrasi gelas plastik yang berisi air diikat dengan tali yang diputar secara vertikal dan herisontal secara sederhana
  •  Memberi reward kepada kelompok dan perorangan  yang terlibat aktif
Mengasosiasikan : 10 menit
  •  Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak dari demontrasi dan percobaan secara mandiri
  •  Menganalisis percobaan secara mandiri yang dilakukan
Mengkomunikasikan : 15 menit
  •  Setiap kelompok membuat laporan tertulis dikumpulkan ke guru kemudian mempersentasikan

Kegiatan akhir : 10 menit
  •  Mendorong siswa untuk menyumpulkan hasil diskusi yang  telah dipelajari
  •  Memberi informasi untuk pertemuan berikutnya
  •  Menutup dengan salam


PERTEMUAN III ( 2 jam )
  • Mengadakan ulangan untuk mengukur kemampuan pemahaman peserta didik terhadap materi yang sidah diberikan
  • Selengkapnya penilaian hampir sama dengan Penilaian pada RPP Gerak Lurus, bisa diakses disini

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "RPP KURIKULUM 2013 MAPEL FISIKA SMK MULTIMEDIA BAB GERAK MELINGKAR BERATURAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel