RPP KURIKULUM 2013 MAPEL FISIKA SMK MULTIMEDIA BAB GERAK MELINGKAR BERATURAN
12.10
Add Comment
GERAK MELINGKAR BERATURAN
SATUAN PENDIDIKAN : SMKN 6 TEBO
MATA PELELAJARAN : FISIKA
SEMESTER/KELAS : II / X MD
PROGRAM KEAHLIAN : MULTIMEDIA
MATERI : GERAK MELINGKAR DENGAN KECEPATAN KONSTAN
ALOKASI WAKTU : 6 X 45 MENIT
KOMPETENSI INTI
- Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
- Menghayati dan mengamalkan prilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun,responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
- Memahami menerapkan , menganalisis, penegtahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,kenegaraan dan berhadaban terkait fenomena kegiatan, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minat untuk memecahkan masalah.
- Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaedah keilmuan
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | |
3.3. | Menganalisis besaran fisis pada gerak melingkar dengan kecepatan konstan dan penerapannya dalam teknologi |
|
4. | Menyajikan hasil analisis berdasarkan pengamatan terkait dengan gerak melingkar |
|
PERTEMUAN I ( 2 Jam )
MATERI PEMBELAJARAN
- Benda gerak melingkar beraturan dan besarannya
- Kecepatan linier dan kecepatan sudut
- Percepatan sentripental pada gerak melingkar beraturan
METODE PEMBELAJARAN
- Pendekatan : Sentifik
- Model : Discovery Learning
- Metode : Demontrasi, Tanya jawab, diskusi dan pengamatan
MEDIA, ALAT DAN SUMBER BELAJAR
- Media : Menampilkan animasi gerak kompekdis
- Alat : Komputer, infokus, jam dinding, Stopwatch dan satu set alat setripenta
- Sumber Pembelajaran :
· Buku Fisika Bilingual SMK kelas X, Penerbit Irama Widya
· Buku Fisika Teknologi, Pertanian, Kesehatan SMK Kelas X, Penerbit Yudistira
· Buku Fisika Mandiri SMK Teknologi dan Rekayasa kelas X, Penerbit Airlangga
· Buku pintar Fisika SMU kelas x, Penerbit Ganesa
· Buku Ajar Fisika SMA/MA kelas X, Penerbit Tim MGMP Kabupaten Kebumen
· Buku Guru Fisika SMA/MA kelas X, Penerbit Bumi Aksara
· Sumber materi lain mengambil dari internet yang relevan
LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal : 10 Menit
- Doa
- Salam dan Tegur sapa
- Guru mengabsen siswa dan memberi contoh yang berhubungan dengan gerak melingkar beraturan dengan tujuan memotivasi siswa untuk berminat mengikuti pembelajaran
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran materi yang akan disampaikan
Kegiatan Inti : 70 Menit
Mengamati : 5 Menit
- Mengamati gerak ujung jarum jam dinding
- Mengamati tanyangan animasi yang berhubungan dengan gerak melingkar beraturan
Menanya : 10 Menit
- Membuka kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya mengenai demintrasi dan tanyangan animasi gerak melingkar beraturan
- Menanyakan kepada siswa apakah ada besaran-besaran Fisika pada demontrasi gerak melingkar beraturan
- Menanyakan kepada siswa perbedaan T dan f kemudian w dan V
- Merangsang kemampuan berpikir siswa untuk menyimpulkan apakah penertian gerak melingkar beraturan
Mengeksplorasi/ Eksperimen : 30 Menit
- Siswa di bagi 4 kelompok dan masing-masing diberi alat satu set sentripental dan beberapa beban.
- Setiap kelompak mempraktekan menggunakan alat dan bahan diatas dengan prosedur yang sudah ditentukan secara tepat dan benar.
- Lakukan ulangan 3x percobaan tersebut
- Indentifikasi besaran pada gerak melingkar secara kelompok
Mengasosiasikan : 10 menit
- Peserta didik mengolah data hasil percobaan dan menganalisinya
Data Hasil Pengamatan
No | MA ( gram ) | WA (N) | R (m ) | t 25 put (s) | T ( s ) | V ( m/s ) | a( m/s2) |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
1 | 50 | ||||||
2 | 100 | ||||||
3 | 200 |
Mengomunikasikan : 15 menit
- Setiap kelompok membuat laporan tertulis dikumpulkan kepada guru, kemudian mempresentasikan
Kegiatan akhir : 10 menit
- Mendorong siswa untuk menyumpulkan hasil diskusi yang telah dipelajari
- Memberi informasi untuk pertemuan berikutnya
- Menutup dengan salam
PERTEMUAN II ( 2 jam )
MATERI PEMBELAJARAN
- Gaya sentripental pada gerak beraturan
- Penerapan gaya sentipental pada kehidupan sehari-hari
METODE PEMBELAJARAN
- Pendekatan : Sentifik
- Model : Discovery Learnin
- Metode : Demontrasi, Tanya jawab, diskusi
MEDIA, ALAT DAN SUMBER BELAJAR
- Media : Menampilkan gambar
- Alat : Komputer, infokus/OHP
- Sumber Pembelajaran :
· Buku Fisika Bilingual SMK kelas X, Penerbit Irama Widya
· Buku Fisika Teknologi, Pertanian, Kesehatan SMK Kelas X, Penerbit Yudistira
· Buku Fisika Mandiri SMK Teknologi dan Rekayasa kelas X, Penerbit Airlangga
· Buku pintar Fisika SMU kelas x, Penerbit Ganesa
· Buku Ajar Fisika SMA/MA kelas X, Penerbit Tim MGMP Kabupaten Kebumen
· Buku Guru Fisika SMA/MA kelas X, Penerbit Bumi Aksara
· Sumber materi lain mengambil dari internet yang relevan
LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal : 10 Menit
- Doa
- Salam dan Tegur sapa
- Guru mengabsen siswa dan memberi contoh yang berhubungan dengan gerak melingkar beraturan dengan tujuan memotivasi siswa untuk berminat mengikuti pembelajaran
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran materi yang akan disampaikan
Kegiatan inti : 70 Menit
- Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara :
Mengamati : 7 Menit
- Mengamati demontrasi gelas plastik yang berisi airdiikat dengan tali yang diputar secara herisontal dan vertikal
Menanya : 5 Menit
- Membuka kesempatan siswa untuk bertanya mengenai demontrasi tersebut
- Memberi Kesempatan kepada peserta didik untuk menyebutkan contoh
- Membimbing siswa untuk menyimpulkan apa yang didapat dari demontrasi tersebut
Mengeksplorasi/ Eksperimen : 35 menit
- Menjelaskan secara singkat gaya sentripental pada gerak beraturan dan memberi contoh penerapan dikehidupan sehari-hari
- Masing-masing kelompok mencobakan secara mandiri demontrasi gelas plastik yang berisi air diikat dengan tali yang diputar secara vertikal dan herisontal secara sederhana
- Memberi reward kepada kelompok dan perorangan yang terlibat aktif
Mengasosiasikan : 10 menit
- Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak dari demontrasi dan percobaan secara mandiri
- Menganalisis percobaan secara mandiri yang dilakukan
Mengkomunikasikan : 15 menit
- Setiap kelompok membuat laporan tertulis dikumpulkan ke guru kemudian mempersentasikan
Kegiatan akhir : 10 menit
- Mendorong siswa untuk menyumpulkan hasil diskusi yang telah dipelajari
- Memberi informasi untuk pertemuan berikutnya
- Menutup dengan salam
PERTEMUAN III ( 2 jam )
- Mengadakan ulangan untuk mengukur kemampuan pemahaman peserta didik terhadap materi yang sidah diberikan
- Selengkapnya penilaian hampir sama dengan Penilaian pada RPP Gerak Lurus, bisa diakses disini
0 Response to "RPP KURIKULUM 2013 MAPEL FISIKA SMK MULTIMEDIA BAB GERAK MELINGKAR BERATURAN"
Posting Komentar