-->

WOOW MENAJUBKAN BELUT DIBUAT BURGER

festival belut UNY
Budilaksonoputra.....Masyarakat dewasa ini banyak menciptakan sensasi baru dalam memproduksi sesuatu yang menajubkan. Demikian juga dalam dunia kuliner. Sekarang ini di Indonesia banyak muncul partisi kuliner yang mengolah sumber daya alam yang tersedia melimpah di negara ini. Kuliner yang diciptakan bukan hanya dari tumbuhan, hewan darat dan buah-buahan tetapi juga merambah ke perikanan. 

Sekarang sedang gencar-gencar digalakkan kepada masyarakat untuk gemar makan ikan yang lebih dikenal gemarikan. Oleh sebab itu masyarakat diberi pelatihan bagaimana cara mengolah ikan menjadi produk olahan yang dapat dimanfaatkan oleh keluarga dan orang lain. Selain itu warga juga diberi pelatihan cara bisnis olahan ikan yang baik sebagai sumber sampingan pendapatan keluarga.

Olahan dari ikan juga bermanfaat bagi tubuh terutama mencerdaskan otak kita bila terus mengosumsinya. Masakan kuliner dari ikan sangat banyak macamnya yakni abon ikan, krupuk ikan, krupuk belut, sosis, bakso dan lain-lain.

Dari alasan inilah Universitas Negeri Yogjakarta ( UNY ) membuat Festival Olahan Ikan yang banyak tersedia disekitar kita tetapi masih sedikit dibuat bentuk Olahan. Dari panitia pelaksanaan festival olahan ikan menjatuhkan pilihan pada  Belut yang sebagai tema-nya. Karena selama ini belut belum diproduksi secara maksimal oleh pembisnis olahan ikan dan hanya dalam bentuk olahan kripik belut. Padahal masih banyak olahan-olahan lain dari bahan dasar belut.

Pada Festival Olahan Ikan Belut yang paling unik dan nama didengar aneh adalah burger belut. Ini mungkin baru pertama kali ada di Dunia yakni di festival olahan belut yang di adakan oleh Jurusan Tata Boga, UNY. 

Ide olahan burger belut ini murni ide dari mahasiswa UNY yang telah ditampilkan dalam lauching sentra kuliner belut Godean. Dalam pembuatan burger belut dalam satu porsinya dibutuhkan 50 gram daging belut yang sudah halus atau lembut dan dalam bentuk ham. 

Dari ide brilian mahasiswa Jurusan Tata Boga UNY, akan memacu masyarakat untuk menciptakan hal yang berbeda dalam hal olahan ikan. Hal ini bisa sebagai referensi bagi guru Mulok dalam pelaksanaan kurikulum KTSP di SMP/SMA/SMK untuk mencoba membuat burger ikan belut. Bila ingin lebih tahu banyak tentang olahan ikan bisa diakses disini

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "WOOW MENAJUBKAN BELUT DIBUAT BURGER"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel