-->

TRIK PEMBIBITAN GURAME ALA RUDIANTO DARI SLEMAN

Budilaksonoputra.....Budidaya ikan air tawar banyak diminati  terutama budidaya ikan Gurame. Minat jual ikan gurame banyak diminati oleh masyarakat. Maka sekarang pemerintah mengarahkan budidaya ikan Gurame. Budidaya yang digalakan yakni dalam pembesaran gurame dan pembibitan Gurame. Pelaku usaha pembibitan ikan gurame biasanya menerapkan poligami saat memijahkan  atau mengawinkan gurame.

Pada pemijahan ikan gurame, perbandingan jantan dan betina dalam mengawinkan yakni jantan satu dan betina tiga ekor. Seperti yang dikatakan Rudianto peternak dari sayegan  Sleman.

Induk yang digunakan mempunyai bobot 1,5 kilogram dan semua ikan harus sehat. Dalam pemijahan ikan juga harus diperhatikan adalah media dan kualitas air serta pakan. Media yang digunakan adalah kolam tembok dengan ketinggian air kolam 40 sampai 60 meter. Kualitas air juga harus jernih tidak terlalu keruh dan bebas dari hama dan penyakit. Selain itu, kolam diberikan aliran air masuk dan keluar.

“Tak ketinggalan dipinggir kolam pemijahan perlu disebar  tempat bersarang, seperti menggunakan ijuk dan rumput kering,” katanya rudianto

Menurut rudianto, ketika gurame betina  sudah siap bertelur, bahan-bahan sarang akan diambil dan ditata sendiri oleh gurame. Sarang tempat bertelur biasanya ditempatkan oleh ikan dipinggir kolam. Ketika gurame sudaah menunggu sarang dan dari sarang tercium bau amis berarti sudah ada ribuan telur di sarang. Selanjutnya sarang beserta telur-telur diambil dan ditempatkan dalam ember . bagian sarang diambil, sehingga tinggal telurnya aja.


Dia menambahkan bahan sarang dapat dibersihkan , dijemur dan dapat digunakan  lagi. Rata-rata induk gurame dengan bobot 1,5 Kg  menghasilkan 3000 telur.  ( referensi : kedaulatan rakyat ).

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "TRIK PEMBIBITAN GURAME ALA RUDIANTO DARI SLEMAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel