-->

BISNIS PRODUKSI OLAHAN LELE SEMAKIN BERSINAR

OLAHAN IKAN
Budilaksonoputra.....Budidaya perikanan saat ini menjadi kiblat masyarakat untuk mencoba mengasah kemampuan bisnis yang sedikit modal dan tempat terbatas tetapi menghasilkan banyak keuntungan. Bisnis perikanan yang banyak dilakukan oleh masyarakat adalah budidaya ikan baik ika air tawar maupun ikan air laut dari proses bibit, kosumsi dan pengolahannya.

Pemerintah pusat melalui menteri kelautan dan perikanan sedang gencar-gencarnya menggalakkan pengolahan produk dari bahan dasar ikan. Maka oleh itu daerah-daerah untuk meningkatkan tarap hidup masyarakat melalui budidaya perikanan baik penyediaan bibit sampai pengolahan. Seperti hal daerah yang airnya tidak melimpah juga bisa mengelolah budidaya ikan dengan menggunakan terpal atau kolam beton.

Sekarang bisnis perikanan yang sedang digemari  sebagian masyarakat adalah produks olahan ikan. Produks olahan ikan yang banyak dibuat oleh masyarakat yakni dalam bentuk abon, sosis, bakso, stick, tepung ikan, nugget, burger, roti, krupuk, es krim dan manggut. Salah satu olahan yang  digemari masyarakat adalah dari ikan lele.

Oleh sebab itu, ada sebagian masyarakat membaca peluang untuk memvariasi olahan ikan lele menjadi beberapa olahan dengan nama-nama yang unik untuk menarik kosumnen. Kenapa harus ikan lele yang jadi pilihan karena untuk penyediaan stock melimpah. Dimana budidaya ikan lele bisa dilakukan  pada kolam terpal, kolam tanah, kolam beton yang tidak butuh wilayah luas dan mudah pemeliharaaanya.

Melimpahnya panen ikan lele dengan minat masyarakat sedikit maka akan menurunkan harga jualnya. Oleh sebab itu untuk meningkatkan harga jual ikan harus dibentuk dalam olahan yakni abon, krupuk atau burger lele dan lain-lain. Karena dalam bentuk olahan ini lebih banyak diminati oleh masyarakat daripada masih dalam ikan hidup.

Kiat sukses bisnis ikan lele adalah, Pertama : pilihlah ikan yang masih segar kalau bisa beli langsung dari petani yang ada disekitarnya dengan pertimbangan menekan biaya transportasi. Kedua : buatlah menu olahan ikan lele yang belum ada dipasaran dan variasikan model-model baru. Selain itu berikan nama yang unik sehingga membuat penasaran kosumen untuk beli. Ketiga : Kemaslah produk olahan semenarik mungkin. Kemudian kualitas produk olahan yang dihasilkan harus bagus dan mempunyai rasa yang enak. Keempat :  strategi pemasaran harus jitu

Produk olahan dari bahan dasar ikan sekarang semakin bersinar karena tidak hanya dijual door to door, toko-toko sekitar rumah tapi sudah merambah kepasar modern. Banyak olahan ikan ada disupermarket di kota-kota besar dengan harga yang bervariasi tetapi masih terjangkau.


Tumbuhkanlah jiwa bisnis anda dan asahlah selalu pengetahuan cara pengelolahan produk untuk menghasilkan variasi-variasi menu-menu baru. Selain itu bacalah peluang untuk berbisnis dimana kita bertempat  tinggaL. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "BISNIS PRODUKSI OLAHAN LELE SEMAKIN BERSINAR"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel